Jumat , 06 Oktober 2017, 19:59 WIB

Perpanjang Kontrak, Iniesta Sampai Pensiun di Barcelona

Rep: Febrian Fachri/Frederikus Bata/ Red: Ratna Puspita
AP Photo/Lucas de Leon
Andres Iniesta
Andres Iniesta

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Andres Iniesta memperpanjang kontrak dengan Barcelona. Kubu Barcelona mengkonfirmasi kabar ini pada Jumat (6/10) pagi waktu setempat.

Menurut Football Espana, akan ada konferensi pers tentang hal ini. "Kapten Barcelona Andres Iniesta menandatangani kontrak baru berlaku sepanjang kariernya sebagai pemain," demikian laporan yang dikutip dari Football Espana," Jumat (6/10).

Itu artinya kerjasama Iniesta dengan Barca, baru berakhir saat yang bersangkutan pensiun. 

Sebelum perpanjangan ini, kontrak Iniesta bakal berakhir pada akhir musim panas 2017/2018. Penggawa tim nasional Spanyol sempat diisukkan bakal merapat ke Juventus. Si Nyonya Tua sempat dilaporkan akan memanfaatkan status bebas transfer pada musim depan untuk mendapatkan Iniesta secara gratis. Namun hal itu urung terjadi. 

Sejak 1996, Iniesta menjadi bagian dari Barcelona. Kala itu, ia bersekolah di akademi La Masia. Ia mulai promosi ke tim utama sejak 2002.

Kemudian, Iniesta meraih semua gelar di level klub. Selama 15 tahun membela Barcelona, Iniesta sudah mempersembahkan semua trofi bergengsi mulai dari La Liga, Copa Del Rey, sampai Liga Champions.

Iniesta juga pernah merasakan kesuksesan bersama Timnas Spanyol. Bersama Spanyol, ia menjadi bagian dari kesuksesan La Furia Roja merebut trofi Piala Eropa 2008 dan 2012, serta  Piala Dunia 2010.

Hal itulah yang menjadi pertimbangan Barca mempertahankan Iniesta walau sudah semakin menua. Gelandang yang sudah main 121 laga untuk Spanyol itu punya wibawa yang dapat dijadikan panutan pemain-pemain muda Barcelona. 

Berita Terkait