Rabu , 11 October 2017, 16:08 WIB

Tanpa Vidal, Sanchez Gagal Bawa Cile ke Piala Dunia 2018

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Endro Yuwanto
REUTERS/Ivan Alvarado
Arturo Vidal (kanan) dan Alexis Sanchez di timnas Cile.
Arturo Vidal (kanan) dan Alexis Sanchez di timnas Cile.

REPUBLIKA.CO.ID,  SAO PAULO -- Cile gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, setelah menuai kekalahan 0-3 dari Brasil pada laga kualifikasi Zona Conmebol, Rabu (11/10).

Cile sebenarnya bisa melaju ke ajang kompetisi akbar dunia itu meski gagal memetik kemenangan. Namun, hasil imbang Peru 1-1 dengan Kolombia, membuat Cile turun ke posisi keenam klasemen yang membuatnya gagal ke Rusia tahun depan.

Bintang timnas Cile Alexis Sanchez dan kawan-kawan rupanya tidak bisa menyelamatkan Cile dari kekalahan dan terpaksa tidak bisa tampil di Rusia tahun depan. Absennya Sanchez di Piala Dunia, berarti untuk pertama kalinya ia akan kehilangan turnamen internasional di musim panas.

Sejak bergabung dengan Arsenal pada 2014 lalu, striker berusia 28 tahun itu telah bermain di Piala Dunia 2014, Copa America 2015, Copa America Centenario 2016, dan Piala Konfederasi 2017. Sanchez telah mencatatkan 118 penampilan dan mencetak 39 gol untuk Cile. Pada 2017, ia telah mencetak tiga gol dalam 12 penampilan untuk juara Copa America itu.

Cile sebenarnya diperkuat oleh pemain top seperti Sanchez. Namun, bintang the Gunners ini akhirnya tidak berdaya, karena Cile tidak memiliki pemain pendukung untuk mendorong bakatnya yang luar biasa. Kini, Cile harus kembali membangun tim dan tidak semata-mata mengandalkan keajaiban Sanchez.

Tidak hanya diperkuat oleh pemain top seperti Sanchez, Cile juga sebenarnya memiliki Arturo Vidal. Namun, ketidakhadiran Vidal rupanya terbukti menentukan.

Vidal absen memperkuat Cile setelah ia diskors pada laga melawan Ekuador pekan lalu. Tidak adanya dukungan dari gelandang Bayern Muenchen itu yang bergerak dari dalam untuk memanfaatkan ruang di belakang Sanchez adalah sesuatu yang kurang dari performa La Roja. Sementara, Sanchez dipaksa untuk mampu memotong jalur pertahanan lawan dan menahan bola guna mencari gol yang tidak memungkinkan.

Ketidakhadiran Vidal pada laga krusial ini begitu terasa. Gelandang berusia 30 tahun ini memiliki peran penting, saat ia mencetak lima gol dalam 11 penampilan untuk Cile, yang membawa La Roja lolos ke Piala Dunia 2014.

Vidal juga tampil mengesankan dengan mencetak gol saat Cile menjuarai Copa America 2015 dan juga Copa America 2016. Begitu pula dengan performanya yang gemilang di Copa America Centenario 2016 dan Piala Konfederasi FIFA 2017. Vidal tercatat telah membukukan 97 penampilan dan mencetak 23 gol untuk timnas Cile sejak 2007 lalu.