Selasa , 10 Oktober 2017, 13:39 WIB

Dominasi Muenchen Membosankan? Ini Tanggapan Bundesliga

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Christophe Ena AP/Photo
Bayern Muenchen saat merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2013 di Maroko.
Bayern Muenchen saat merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2013 di Maroko.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Manajer Pemasaran Bundesliga Jerman untuk Asia Pasifik Maurice Goerges memaklumi jika banyak pihak menganggap dominasi Bayern Muenchen membuat persaingan di Jerman seolah membosankan.

Kedigdayaan Muenchen yang bisa meraup gelar juara Bundesliga dalam lima tahun terakhir seakan membuat kompetisi di Jerman jadi milik Die Roten sendiri.

Tak cuma di ajang lokal, Muenchen juga sangat kuat di level Eropa dibandingkan wakil-wakil Jerman lainnya. Bahkan, nama-nama yang menghiasi skuat timnas Jerman juga banyak didominasi oleh Muenchen. Namun, Goerges menilai dominasi sebuah klub di suatu negara adalah hal yang tak perlu terlalu dirisaukan.

Goerges mengambil contoh Barcelona yang sejak 2007 sangat perkasa di La Liga Spanyol sebelum akhirnya dominasinya dipatahkan oleh Real Madrid musim lalu. Menurut Goerges, dominasi sebuah klub yang terlalu lama dalam sebuah kompetisi akan memicu para pesaing untuk tampil lebih baik.

Goerges yakin, saat ini kebangkitan klub-klub Bundesliga lainnya sudah terlihat dan akan segera menjadi kompetitor yang menganggu bagi Muenchen. "Muenchen sangat kuat. Tapi lihat Barca, mereka kesulitan sekarang. Demikian juga Muenchen yang baru memecat pelatih mereka. Saya yakin musim ini Bundesliga akan lebih menarik," kata Goerges menjawab pertanyaan Republika.co.id, Selasa (10/10).

Goerges mengakui, persaingan di Bundesliga harus tetap hidup agar para penikmat sepak bola di dunia terpikat. Ia pun sangat optimistis musim ini Bundesliga akan menyajikan tontonan yang menarik.

Kayakinannya ini ia dasari setelah melihat sepak terjang para pesaing Muenchen di Bundesliga. Menurut Goerges ada Borussia Dortmund, Hoffenheim, Schalke 04, dan RB Leipzig yang bisa jadi penantang serius Die Roten musim ini.

"Dortmund yang kini memimpin klasemen Bundesliga paling menjanjikan. Saya percaya kompetisi akan tetap hidup karena banyak tim yang kini menantang Muenchen untuk meraih gelar juara," kata Goerges.

Bayern Muenchen meraih tujuh gelar juara Bundesliga dalam satu dekade terakhir. Musim ini, the Bavarians masih berpeluang untuk terus memoles rekor mereka. Hingga pekan ketujuh, Muenchen bertengger di peringkat kedua klasemen dengan 14 angka. Muenchen hanya tertinggal tiga angka dari Dortmund yang duduk di puncak klasemen sementara.

Berita Terkait