Selasa , 24 October 2017, 07:17 WIB

Enggan Pikirkan Masa Depan, Zidane Nikmati Melatih Madrid

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/ANDY RAIN
Zinedine Zidane.
Zinedine Zidane.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Zinedine Zidane mengatakan ia tidak yakin berapa lama ia bisa menjadi pelatih Real Madrid. Tapi, ia mengaku menikmati setiap perjalanannya di Santiago Bernabeu.

Selama 18 bulan terakhir ditangani Zidane, Madrid meraih prestasi yang luar biasa. Zidane membawa Los Blancs meraih dua gelar Liga Champions dan satu La Liga pada musim lalu. Namun bukan berarti posisinya bakal aman. Zidane sadar bangku pelatih di Madrid adalah tempat yang sulit untuk ditempati dalam jangka waktu lama.

Sejak Fabio Capello meninggalkan Madrid pada musim 2006/2007, Los Blancos sudah memiliki tujuh pelatih berbeda. Hanya Jose Mourinho yang bisa bertahan lebih dari dua musim.

"Ini butuh kerja keras, untuk mereka (pemain). Saya berada di sini selama 18 bulan dan saya tidak tahu berapa lama lagi saya berada di sini. Saya menikmatinya," kata Zidane, seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa (24/10).

Ia mendapatkan penghargaan sebagai pelatih terbaik versi FIFA tahun ini. Ada lima pemain Real Madrid yang masuk tim terbaik dunia 2017 dalam FIFA/FIFPro World XI. Marcelo, Sergio Ramos, Luka Modric, Toni Kroos dan Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai para pemain terbaik di posisi mereka masing-masing.

"Gelar Liga Champions ketiga? Ya, tentu mungkin, kami sedang mencobanya. Anda tahu kemenangan yang mendorong kami maju," kata Zidane.

Zidane mengatakan ia senang mendapatkan penghargaan sebagai Pelatih Terbaik versi FIFA. Penghargaan ini, kata Zidane, sebagai akumulasi atas kerja kerasnya selama ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada klub terutama kepada para pemain karena pada akhirnya mereka yang bermain," kata Zidane.

Meski menjadi salah satu pelatih yang memiliki prestasi terbaik di Real Madrid, Zidane tetap rendah hati. Ia mengatakan, meski ia pelatihnya, tapi banyak orang yang sudah membantu para pemain untuk meraih tiga gelar selama 18 bulan terakhir ini.

"Ada bakat hebat di sini dan di mana ada bakat hebat maka akan ada pencapaian," katanya. 

Baca: Ini Para Pemenang Penghargaan FIFA 2017