Rabu , 08 November 2017, 18:51 WIB

Lewandowski: Skuat Muenchen Kian Menua

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
REUTERS/Michael Dalder
Robert Lewandowski
Robert Lewandowski

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski mengakui skuat Die Roten kini sudah semakin tua. Lewandowski mengatakan, timnya saat ini memang masih bisa bersaing di level atas semua kompetisi.

Namun, striker asal Polandia ini yakin jika terus mempertahankan skuat yang sekarang, maka bukan tak mungkin Muenchen akan segera terjatuh. Untuk itulah menurut Lewandowski, seharusnya selalu ada penyegaran di tim khususnya untuk mengisi komposisi skuat utama.

"Untuk menyegarkan tenaga, kami perlu tambahan kekuatan pemain top setiap dua atau tiga tahun sekali. Saya puas dengan skuat kami sekarang, tapi kami semakin menua," kata Lewandowski dikutip dari ESPN, Rabu (8/11).

Pemain berusia 29 tahun ini mengatakan, Muenchen sebenarnya punya keahlian dalam melakukan regenerasi. Sebagai contoh, pemain muda Joshua Kimmich kini menjelma menjadi bintang Muenchen.

Kimmich yang baru menginjak usia 22 tahun mampu menutup lubang di pos bek kanan Muenchen. Sebelumnya, di posisi tersebut ada pemain yang tak tergantikan, Philip Lahm. "Kami bisa terus menerapkan ini dan saya harap itu tidak berhenti. Saya pikir Kimmich adalah contoh yang sempurna," kata Lewandowski.

Para pemain andalan Muenchen memang sudah mulai menatap usia uzur untuk ukuran pesepak bola. Seperti, Arjen Robben (33 tahun), Franck Ribery (34 tahun), dan Arturo Vidal (30 tahun). Akibat termakan usia, tak jarang para pemain tersebut mengalami cedera yang kerap kambuh sehingga menganggu stabilitas tim.