Jumat , 10 November 2017, 18:46 WIB

Alba: Barcelona Jauh Lebih Baik tanpa Neymar

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
insidespanishfootball.com
Jordi Alba dan Neymar
Jordi Alba dan Neymar

REPUBLIKA.CO.ID,  KATALUNYA -- Bek kiri Barcelona Jordi Alba melontarkan pengakuan soal kondisi La Blaugrana yang tetap baik-baik saja meski ditinggal Neymar pada musim panas 2017 lalu. Bahkan, Alba mengatakan saat ini kondisi Barca jauh lebih baik ketimbang masih ada Neymar.

"Secara pribadi, saya merasa Barca lebih baik tanpa Neymar. Meskipun tentu saja, Neymar adalah pemain luar biasa dan tim manapun akan sangat senang dengan keberadaannya," kata Alba dikutip dari Marca, Jumat (10/11).

Alba mengatakan, Neymar punya posisi bermain yang sebenarnya 'menganggu' kreativitasnya. Sebagai striker yang berposisi lebih ke sisi kiri, Neymar kerap 'memakan' tempat Alba.

Menurut Alba, keberadaan Neymar menghalangi pergerakannya saat menyerang. Kini dengan tidak adanya Neymar, Alba bisa bermain lebih lepas dalam menyerang. Itu dibuktikan pemain berpaspor Spanyol dengan bisa menghasilkan empat assist sejauh ini. Jumlah tersebut setara dengan megabintang Barca Lionel Messi.

"Saya jadi memiliki ruang yang lebih lapang. Sejujurnya, posisi Neymar bisa digantikan orang lain yang mampu mengerjakan tugasnya. Jadi kami sekarang jauh lebih baik," kata Alba.

Meski tanpa Neymar, Barca kini melenggang di posisi papan atas klasemen La Liga Spanyol dengan 31 angka hasil dari 11 laga. La Blaugrana unggul empat angka dari Valencia yang menghuni posisi kedua. Di Liga Champions, Barca juga tampil apik dengan mengemas 10 angka hasil dari empat laga di Grup D.