Senin , 13 November 2017, 13:31 WIB

'Casemiro Gelandang Bertahan Terbaik di Dunia'

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Thanassis Stavrakis/AP
Gelandang Real Madrid Casemiro.
Gelandang Real Madrid Casemiro.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Penampilan gemilang Casemiro bersama Real Madrid dua musim terakhir mendapat pujian dari eks pemain timnas Brasil, Mauro Silva. Dia mengatakan, sang pemain adalah gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini.

Sejak didatangkan dari FC Porto, Casemiro memang tampil impresif bersama Los Merengues. Di bawah asuhan Zinedine Zidane, pesepak bola asal Brasil itu punya peran yang sangat krusial di lini tengah. Kehadirannya melengkapi trio lini tengah bersama Toni Kroos dan Luka Modric.

"Dia (Casemiro) merupakan pemain yang dibutuhkan oleh timnya. Bagi saya, Casemiro adalah pemain terbaik di dunia pada posisinya," kata Silva dikutip Football Espana, Senin (13/11).

Dalam skema 4-3-3 atau 4-3-2-1 bersama Madrid, Casemiro diberikan tugas untuk menjaga kedalaman permainan El Real, posisinya tepat di depan benteng lini belakang Los Blancos.

Sedangkan Kroos dan Modric dibebaskan untuk melakukan kreasi-kreasi mutakhir guna melayani Cristiano Ronaldo atau Karim Benzema.

"Saya menyukai Casemiro, dia melakukan segalanya dengan baik. Dia selalu berada di depan pertahanan Madrid dan memberi sebuah ketenangan pada seluruh anggota tim. Dia bergerak dengan cerdas dan mendistribusikan bola dengan baik," sambung Silva.

Pemain 25 tahun mencetak empat gol pada musim 2016/2017 di pentas La Liga. Mantan pemain Porto, pada musim 2017/2018, sudah mencetak dua gol dari sembilan laga yang dimainkan. Jumlah gol Casemiro hingga pekan ke-11 La Liga, masih lebih banyak dari sang megabintang Cristiano Ronaldo.

Madrid kini tengah mengalami fase paceklik, jawara 12 kali Liga Champions tersebut masih tertahan di tempat ketiga di bawah Valencia serta Barcelona dengan menerima dua kekalahan dan dua hasil imbang.

Pada pertandingan selanjutnya, Los Blancos bakal melawat ke markas rival sekota Atletico Madrid di Wanda Metropolitano, Ahad (19/11). Laga tersebut menjadi sangat penting bagi kedua tim mengingat keduanya sama-sama memperoleh poin 23 dari 11 partai yang telah dilakoni.