Selasa , 05 Desember 2017, 23:50 WIB

Pelatih Valencia: Madrid Terlihat Lemah Musim ini

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/MIGUEL ANGEL POLO
Marcelino Garcia Toral
Marcelino Garcia Toral

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Pelatih Valencia Marcelino Garcia Toral menilai kualitas skuat Real Madrid saat ini di bawah kapasitas mereka musim lalu. Dia pun berpendapat perebutan juara La Liga 2017/2018 menjadi lebih terbuka. 

Madrid memang terseok-seok pada awal musim La Liga 2017/2018. Tim asuhan Zinedine Zidane hanya memenangkan delapan dari 14 pertandingan liga sejauh ini. 

Los Blancos saat ini berada di posisi keempat dengan 28 poin, tertinggal delapan angka dari Barcelona yang bertengger di puncak klasemen. Bahkan, Madrid terpaut tiga angka di bawah Los Che. 

"Menurut saya, Real Madrid saat ini lebih lemah dibanding musim lalu," ucap Marcelino, seperti dilansir Football Espana, Selasa (5/12).

Marcelino menilai krisis yang merundung Madrid tak lepas dari kepergian sejumlah pemain di bursa transfer musim panas lalu. "Saya meyakini mereka telah kehilangan potensi selama satu tahun terakhir dengan kepergian beberapa pemain penting,” kata dia. 

Los Blancos menjual dua striker sekaligus, yakni Alvaro Morata dan Mariano Diaz. Selain itu, Pepe yang menjadi andalan jantung pertahanan tidak mendapat kontrak baru dan akhirnya pindah ke Besiktas.

Kinerja lini depan mereka pun tak memuaskan. Produktivitas Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema juga menurun drastis sedangkan Gareth Bale menjadi pesakitan di meja operasi Madrid. Kini, Zidane hanya memiliki Borja Mayoral dan Lucas Vazquez untuk melapis posisi Trio BBC   di lini depan. 

Berbanding terbalik dengan Los Merengues, Valencia justru tampil gemilang musim ini. Kelelawar Hitam baru menelan satu kekalahan dan berada di posisi kedua klasemen. 

Santi Mina dan kawan-kawan juga sukes menjegal langkah Barca dengan bermain imbang 1-1. "Ini akan menjadi perlombaan gelar La Liga yang sangat menarik musim ini,” kata Marcelino. 

Saat ini, dia menerangkan, sangat sulit untuk menilai tim yang menjadi favorit juara. Dia menambahkan, ada lima tim yang punya peluang, yakni Barcelona, Valencia, Madrid, Atletico Madrid, dan Sevilla. 

"Mungkin dengan klasemen liga saat ini, Barcelona lebih difavoritkan sedangkan kami berada di belakang mereka,” kata dia.