Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Klub-Klub Spanyol Datangkan Pemain Arab Saudi

Senin 22 January 2018 09:15 WIB

Red: Ratna Puspita

Tim nasional Arab Saudi (ilustrasi).

Tim nasional Arab Saudi (ilustrasi).

Foto: EPA/DAVID MARIUZ AUSTRALIA AND NEW ZEALAND OUT
Total sembilan pemain Arab Saudi akan pindah ke Spanyol, termasuk dua pemain akademi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Klub-klub divisi teratas Spanyol yakni Villarreal, Leganes, dan Levante mengumumkan pada Ahad (22/1) waktu setempat perihal peminjaman pemain-pemain internasional Arab Saudi sampai akhir musim. Ini sebagai bagian dari kesepakatan antara Liga Spanyol dan otoritas-otoritas negara Arab tersebut.

Tim-tim divisi kedua Sporting Gijon, Numancia, Rayo Vallecano, dan Real Valladolid juga berpartisipasi dalam kesepakatan ini. Badan organisasi liga mengatakan total sembilan pemain akan pindah ke Spanyol, termasuk dua pemain akademi.

Ini sebagai persiapan tim nasional Arab Saudi menghadapi Piala Dunia 2018. Arab Saudi akan memainkan pertandingan pembukaan Piala Dunia 2018 melawan tuan rumah Rusia setelah lolos ke turnamen ini untuk pertama kalinya sejak 2006.

"Otoritas Olahraga Umum (GSA) Arab Saudi, Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), dan Liga Spanyol, liga sepak bola Spanyol yang terkenal di dunia internasional, pada hari ini mengumumkan langkah-langkah kunci selanjutnya pada kesepakatan mereka untuk mengembangkan permainan sepak bola di Arab Saudi," demikian pernyataan Liga Spanyol.

Otoritas Liga Spanyol mengatakan pertama kali diumumkan pada Oktober, kemitraan multitahun ini memiliki sejumlah elemen termasuk kemitraan akademi dan pencarian bakat untuk para pesepak bola muda di Arab Saudi. Kesepakatan peminjaman ini untuk periode awal akan berlangsung selama enam bulan. 

Peminjaman ini diharapkan membuat pemain-pemain Arab Saudi dapat mengembangkan kemampuan mereka dan bermain di Spanyol. “Masuknya para pemain dari Arab Saudi ke klub-klub Spanyol menyusul program pemantauan yang ketat yang menghabiskan berbulan-bulan untuk mengidentifikasi talenta terbaik."

photo

Pemain sayap Al-Ittihad Fahad al-Muwallad akan menjalani masa pinjaman di klub Spanyol, Levante, pada paruh kedua musim 2017/2018. (EPA/STR)

Sebelum kesepakatan peminjaman diumumkan pada Ahad, mayoritas para pemain internasional Arab Saudi berkompetisi di liga teratas negaranya. Hanya satu pemain, Mukhtar Ali, yang bermain di luar negeri bersama tim divisi teratas Belanda Vitesse Arnhem.

Villarreal, yang menghuni peringkat kelima di klasemen Liga Spanyol dan telah masuk ke 32 besar Liga Europa, mendatangkan gelandang Salem Al Dawsari, sedangkan Leganes merekrut penyerang Yahia Al Shehri. Levante merekrut Fahad Al Muwallad.

"Sebagai bagian dari kolaborasi ini, klub kami dalam beberapa bulan belakangan telah bekerja sama dengan Liga Spanyol dalam memantai pemain-pemain internasional dan prospek-prospek muda Arab Saudi untuk menentukan pilihan kami terhadap rekrutan baru," demikian pernyataan Levante.

"Dengan kedatangan Fahad Al Muwallad, kami merekrut pemain yang akan membantu mendapat sorotan di dunia Arab, di mana Liga Spanyol merupakan liga internasional yang paling banyak diikuti."

 

 

Sumber : Antara/Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pemprov DKI Jakarta akan Tambah Jalur Sepeda

Selasa , 20 February 2018, 20:09 WIB