Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Valverde Gembira dengan Debut Coutinho

Jumat 26 January 2018 09:09 WIB

Red: Ratna Puspita

Philippe Coutinho.

Philippe Coutinho.

Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Philippe Coutinho melakoni debut untuk Barcelona pada kemenangan 2-0 atas Espanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Pelatih Barcelona Ernesto Valverde gembira dengan debut Philippe Coutinho. Pesepak bola asal Brasil itu melakoni laga pertamanya untuk Barcelona pada kemenangan 2-0 atas Espanyol pada leg kedua perempat final Copa del Rey, Jumat (26/1) dini hari WIB. 

Gol dari Luis Suarez dan Lionel Messi pada babak pertama membawa Barca lolos ke semifinal ke-11 dalam 12 tahun terakhir. Dengan hasil ini, Barca menang dengan agregat 2-1 setelah kalah 0-1 pada leg pertama. 

Pada pertandingan tersebut, Coutinho masuk sebagai pengganti Andres Iniesta pada babak kedua. Pemain yang mencatat rekor transfer klub itu belum bisa tampil pada laga sebelumnya karena cedera paha sejak bergabung dari Liverpool dengan banderol 160 juta euro pada awal bulan ini.

Namun, pada Rabu (24/1) waktu setempat, dokter memberikannya lampu hijau untuk kembali merumput. Ketika Valverde memasukkannya pada menit ke-68, penonton di Camp Nou langsung bertepuk tangan.

Selama penampilannya, dia tampak bisa menyatu dengan permainan Barca. Bahkan, dia sempat membuat peluang bagi Suarez menciptakan gol tambahan untuk La Blaugrana. 

"Pemain bagus selalu beradaptasi dengan baik," kata Valverde dalam konferensi persnya, saat ditanya tentang debut Coutinho yang menggembirakan, dilansir dari ESPN FC, Jumat. 

Valverde mengatakan Barca memiliki harapan tinggi terhadap Coutinho. La Blaugrana berharap mantan bintang Liverpool itu bisa menyatu dan meningkatkan gaya permainan Barcelona. 

Dia memuji Coutinho sebagai pemain yang memiliki percaya diri dan akan membantu Barca dalam situasi satu lawan satu. “Dia bisa menemukan area yang tanpa penjagaan dan ketika dia mendekati area tersebut, Anda bisa merasakan situasi bahaya bagi pertahanan lawan,” kata dia. 

Ketika Coutinho masuk lapangan, Barca telah unggul dua gol, yang membalikkan keadaan pada pertandingan pertama ketika La Blaugrana kalah 0-1 di Cornella El Prat, pekan lalu. Kendati demikian, Valverde menyatakan, performa Coutinho tetap mengesankan pada laga yang sulit tersebut. 

“Itu bukan pertandingan yang mudah. Saya pikir dia melakukannya dengan baik, tetapi mari kita lihat, ini baru permulaan,” kata dia. 

Dia menambahkan  laga tersebut tidak mudah lantaran sebuah gol dari Espanyol akan memupuskan peluang Barca. Sebab, klub yang juga bermukim di Katalan itu akan unggul gol tandang. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA