Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Laga Emosional Valverde Kala Barca Jamu Bilbao

Sabtu 17 March 2018 17:11 WIB

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Endro Yuwanto

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde

Foto: John Walton/PA via AP
Busquets yang cedera tidak bisa membela Barca saat melawan Bilbao.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pekan ke-29 La Liga Spanyol 2017/2018 akan mempertemukan sang pemuncak klasemen Barcelona kontra Athletic Bilbao di Camp Nou pada Ahad (18/3) malam WIB. Pertandingan menjamu Bilbao akan menjadi laga yang sarat emosi bagi arsitek Barca Ernesto Valverde.

Pasalnya, pelatih asal Spanyol itu sebelumnya pernah menukangi Bilbao selama empat musim, sejak 2013 hingga 2017. Valverde kini membawa Barca memuncaki klasemen dengan mengoleksi 72 poin. Kemenangan 3-0 atas Chelsea tengah pekan lalu, membuat pasukan Valverde lolos ke perempat final Liga Champions. Namun, usai laga, gelandang Barca Sergio Busquets dibekap cedera.

"Tim medis mengonfirmasi pemain Barcelona Sergio Busquets mengalami retak di jari-jari tulang kaki kanannya. Dia diperkirakan menepi selama tiga pekan," dilansir dari situs resmi klub, Sabtu (17/3).

Busquets pun terpaksa harus menepi selama tiga pekan dan tidak bisa membela Barca saat menjamu Bilbao.  Harus diakui, sepanjang musim 2017-2018, peran Busquets dianggap penting. Total 41 penampilan telah ditorehkan gelandang timnas Spanyol itu di berbagai kompetisi.

Valverde tentu tidak ingin menyia-nyiakan laga ini demi menjaga jarak dari kejaran Atletico Madrid yang menghuni peringkat kedua klasemen dengan 64 poin. Di sisi lain, Bilbao hendak merebut tiga angka penuh, demi mengejar peringkat 10 yang saat ini diduduki Celta Vigo dengan 38 poin.

Melawan sang raksasa La Liga Spanyol pun menjadi laga yang tak mudah bagi tim tamu. Tim asuhan Jose Angel Ziganda itu baru saja menelan kekalahan pahit dari Olympique Marseille di babak 16 besar Liga Europa. Dalam enam laga terakhir La Liga, Bilbao juga hanya mampu merebut kemenangan sebanayak dua kali.

Dalam catatan 36 pertemuan, sebanyak 33 laga dimenangkan tim Katalan atas klub Basque tersebut. Tentu, jordana ke-29 ini bisa menjadi pukulan telak bagi Bilbao agar tak terus mengalami kekalahan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA