Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Timnas Garuda Alami Krisis Penjaga Gawang

Ahad 25 Nov 2012 21:10 WIB

Red: Taufik Rachman

Endra Prasetya

Endra Prasetya

Foto: Republika/Edwin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Timnas Garuda bisa dipastikan krisis penjaga gawang setelah Endra Prasetya mendapatkan kartu merah saat Timnas Garuda menghadapi Laos pada Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu.

Dengan mendapatkan kartu merah secara langsung dari wasit Ng Kai Lam, penjaga gawang klub Persebaya Surabaya ini tidak bisa memperkuat Timnas Garuda saat menghadapi Timnas Singapura, Rabu (28/11).

Praktis pelatih Nil Maizar tinggal mengandalkan satu penjaga gawang yaitu Wahyu Tri Nugroho. Padahal Indonesia masih menyisakan dua pertandingan yaitu melawan Singapura dan menghadapi tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12). "Kita harus secepatnya menyiapkan pemain pengganti," kata pelatih Timnas Garuda, Nil Maizar usai pertandingan.

Meski akan mencari pemain pengganti atau menetapkan cadangan penjaga gawang, mantan pelatih klub Semen Padang itu belum menunjuk siapan nama pemain yang dipersiapkan.

Sebenarnya PSSI telah mendaftarkan 35 pemain termasuk empat dengan posisi penjaga gawang ke AFF, hanya saja dua penjaga gawang lainnya yaitu I Made Wirawan dan Samsidar tidak masuk dalam 22 pemain inti setelah keduanya dilarang timnya untuk memperkuat timnas.

Meski belum menunjuk nama pemain yang dipersiapkan, namun sang kapten Bambang Pamungkas mengangkat tangan dan terlihat siap jika nantinya ditunjuk menggantikan posisi Endra Prasetya.

Selain krisi penjaga gawang, lini pertahanan Timnas Garuda juga dalam kondisi kritisi. Hamdi Ramdan yang selama ini menjadi tandem Wahyu Wijiasnanto kembali bermasalah dan keduanya juga sudah mendapatkan satu kartu kuning.

"Meski saya tidak bisa bermain saya akan tetap mendukung teman-teman. Apapun yang terjadi," kata Endra Prasetya saat dimintaan komentarnya usai mendapatkan kartu merah.

Sementara itu Wahyu Tri Nugroho mengaku siap jika terus dipercaya mengawal gawang Timnas Garuda. Meski baru diturunkan pihaknya terus bersiap diri termasuk saat pertandingan ujicoba.

"Pelatih terus meminta saya untuk bersiap diri. Itu terus saya lakukan. Saat diberi kepercayaan saya berusaha memberikan yang terbaik," kata Wahyu Tri Nugroho usai pertandingan.

Setelah menghadapi Laos, Timnas Garuda akan berhadapan dengan Singapura, Rabu (28/11) dan dipertandingan terakhir menghadapi tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12)

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA