Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Flamengo: Recor Zico Jauh di Atas Messi

Kamis 13 Dec 2012 22:09 WIB

Rep: Umi Lailatul/ Red: Chairul Akhmad

Pesepakbola legendaris Brasil, Zico, saat menggiring bola.

Pesepakbola legendaris Brasil, Zico, saat menggiring bola.

Foto: 4dfoot.com

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO – Striker andalan Barcelona, Lionel Messi, boleh berbangga karena telah mematahkan rekor Gerrard Muller sebagai pencetak gol terbanyak dalam setahun.

Namun, rekor Messi tersebut kembali dipertanyakan. Kali ini giliran klub Flamengo yang mengklaim bahwa rekor striker berusia 25 tahun itu tak ada apa-apanya.

Flamengo menyebut salah seorang pemain legendarisnya, Zico, pernah mencetak gol lebih banyak dari striker Argentina tersebut. Flamengo mengklaim legenda Brasil Zico berhasil mencetak 89 gol pada 1979.

Hal tersebut disampaikan oleh perwakilan Flamengo, Bruno Lucena. Bruno menyatakan banyak dari gol-gol Zico yang belum tercatat oleh FIFA. "Kami marah, Messi belum lulus rekornya. Jika dia mencetak gol terbanyak sepanjang tahun, itu jika ia mencetak lebih dari 100 gol,'' kata Lucena seperti dikutip dari Soccernet ESPN, Kamis (13/12).

Zico sendiri merupakan mantan pelatih Irak dan Jepang. AFP melaporkan Zico telah mencetak 647 gol untuk klubnya dan 52 gol untuk tim Brasil di sepanjang karirnya pada 1971-1994.

Keraguan soal rekor Messi bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, Federasi Sepakbola (FA) mengklaim Zambia Godfrey Chitalu mampu mematahkan rekor dari Messi dan Mueller. FA Zambia mengklaim pemain berjuluk Ucar tersebut pernah mencetak 107 gol dalam setahun bagi klubnya, Kitwe United.

Prestasi tersebut ditorehkannya pada 1972 atau di tahun yang sama dengan Mueller. Messi sendiri kini telah mencetak 88 gol. Dua gol tambahan itu dicetak Messi saat bertanding melawan Cordoba di babak 16 besar Copa Del Rey pada Kamis (13/12) dini hari.






BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA