Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Derby County Cetak Poin Terendah di Liga Primer Inggris

Sabtu 29 Mar 2014 18:00 WIB

Rep: Rizkyjaramaya/ Red: Didi Purwadi

Liga Primer Inggris

Liga Primer Inggris

Foto: firstpost.com

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Derby County menjadi salah satu klub yang mendapatkan promosi dan degradasi hanya dalam satu musim dalam sejarah Liga Primer Inggris.

Klub yang bermarkas di Pride Park ini mendapatkan promosi  ke Liga Primer Inggris setelah meraih gelar juara divisi Championships pada musim 2007-2008.

Namun, Derby County tampaknya tak bisa mencicipi laga lebih lama di liga bergengsi Inggris tersebut karena rekor kemenangan yang buruk.

Pada 29 Maret 2008 menjadi sebuah penandan bahwa Derby County akan terdegradasi setelah ditahan imbang oleh Fulham 2-2. Perjuangan Derby County di liga papan atas Inggris terbilang cukup berat.

Klub yang waktu itu dimanajeri oleh Billy Davies tercatat hanya memenangkan satu pertandingan selama satu musim ketika bertemu Newcastle United dengan hasil akhir 1-0.

Derby County berada di posisi paling buncit dalam tabel Liga Primer Inggris pada pekan keempat, kemudian naik satu peringkat dan turun lagi di pekan ke sebelas hingga akhir musim.

Melihat prestasi klub yang terus terpuruk, akhirnya mereka memutuskan untuk mengganti pelatih Billy Davies dengan  Paul Jewell. Akan tetapi, hal tersebut tidak merubah keadaan.

Laga melawan Fulham menjadi satu-satunya harapan agar dapat bertahan di Liga Primer Inggris dengan tujuh pertandingan tersisa. Ketika itu, Fulham merupakan lawan yang ideal karena sama-sama berada di zona degradasi dan hanya selisih satu peringkat di atas Derby County.

Pada menit ke sepuluh, Derby County mampu menjebol gawang lawan terlebih dahulu lewat tendangan Emanuel Villa. Namun, pada menit ke 24 striker Fulham Diomansy Kamara berhasil membalas gol sehingga kedudukan menjadi imbang 1-1.

Pada menit ke 78, gelandang Derby County, Dean Leacock, melakukan gol bunuh diri sehingga menguntungkan Fulham. Akan tetapi aksi gol bunuh diri itu berhasil dibalas dengan satu gol apik dari Villa yang membuat skor menjadi imbang 2-2- sampai akhir laga.

Meski berakhir imbang, namun sulit bagi Derby County untuk menyelamatkan diri dari zona degradasi. Pasalnya mereka memiliki selisih 19 poin dari peringkat zona aman, sedangkan liga hanya menyisakan enam pertandingan lagi. 

Derby County kehilangan semua pertandingan tersisa dan mengakhiri musim dengan hanya mengumpulkan sebelas poin. Musim itu menjadi yang pertama sekaligus yang terakhir bagi Derby County di Liga Primer Inggris.

Derby County memecahkan rekor sebagai klub dengan poin terendang di Liga Primer Inggris, memecahan rekor Stoke City yang mengakhiri musim dengan 17 poin pada 1985.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA