Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Bordeaux Tersandung, Lille Bertahta di Puncak Klasemen

Senin 15 Sep 2014 06:24 WIB

Red: M Akbar

Pertandingan Bordeaux kontra Bastia dalam lanjutan Ligue 1 di Stade Chaban-Delmas, Bordeaux, Ahad (31/8).

Pertandingan Bordeaux kontra Bastia dalam lanjutan Ligue 1 di Stade Chaban-Delmas, Bordeaux, Ahad (31/8).

Foto: ligue1.com

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Bordeaux menelan kekalahan perdana mereka di musim baru Ligue 1 Prancis di markas Guingamp pada Senin (15/9) WIB sehingga posisi mereka di puncak klasemen direbut Lille, yang mengalahkan Nantes beberapa jam sebelumnya.

Gol-gol di babak pertama yang dibukukan Moustapha Diallo dan Christope Mandanne, yang kedua tercipta dari titik penalti, membuat Bordeaux yang dilatih Willy Sagnol kalah 1-2, di mana gol Cheick Diabate lebih hanya menjadi gol hiburan bagi tim tamu di Brittany.

Lille melaju ke puncak berkat kemenangan 2-0 atas Nantes di utara Prancis, di mana Divock Origi mencetak satu gol dan kemudian berperan pada gol lainnya yang dibukukan pemain muda Portugal Rony Lopes, sedangkan Marseille menang 3-1 di markas tim juru kunci Evian untuk naik ke peringkat kedua.

Lille yang dilatih Rene Girard, yang akan menghadapi klub Rusia FC Krasnodar pada pertandingan Liga Europa yang berlangsung pada Kamis, unggul satu angka atas Marseille, Bordeaux, dan Saint Etienne, sedangkan juara musim lalu Paris Saint Germain tertinggal satu angka di peringkat keempat.

Diallo menanduk bola tendangan bebas dari pemain pinjaman dari Newcastle United Sylvain Marveaux untuk membawa Guingamp unggul pada menit ke-26, dan Mandanne mencetak gol dari titik putih delapan menit kemudian setelah Gregory Sertic menjatuhkan Jeremy Pied di kotak terlarang.

Juara bertahan Piala Prancis Guingamp, yang akan mendatangi markas Fiorentina untuk bertanding di Liga Europa pada Kamis, kemudian harus bertahan setelah pemain asal Mali Cheick Diabate mengurangi ketertinggalan timnya pada menit ke-83, dengan menyambar umpan tarik Thomas Toure.

"Pada babak pertama kepala-kepala para pemain tidak berada di tempatnya," kata pelatih Bordeaux Sagnol, yang mendapat banyak pujian setelah timnya tampil cukup baik di awal musim.

"Kembali bermain setelah jeda internasional merupakan hal yang sulit. Saya harap ini akan memberi pelajaran kepada semua orang bahwa tidak akan ada yang mudah pada musim ini, bahwa jika kami ingin mencapai sesuatu kami akah perlu bekerja, bekerja, dan bekerja sepanjang waktu."

"Kehilangan status pemimpin (klasemen) dapat menjadi hal bagus untuk kami. Itu mungkin akan sedikit sulit diatasi pada beberapa pekan terakhir."

Lille meneruskan start tidak terkalahkan mereka di musim ini ketika dua gol dalam rentang waktu empat menit di babak kedua tercipta di gawang Nantes di Stade Pierre-Mauroy.

Setelah babak pertama yang tidak tercipta gol, di mana upaya Jordan Veretout membentur tiang gawang untuk tim tamu, Origi membuka keunggulan timnya semenit setelah babak kedua dimulai, dengan menanduk umpan silang Florent Balmont.

Tiga menit kemudian, pemain internasional Belgia itu, yang telah dibeli Liverpool pada musim panas sebelum dipinjamkan kembali ke Lolle, berperan sebagai pemberi operan untuk dituntaskan Lopes.

Itu merupakan gol pertama bagi gelandang Portugal itu sejak ia pindah ke Lille dengan status pinjaman dari Manchester City pada bursa transfer musim panas.

Sementara itu Marseille sangat bersemangat untuk kembali bertanding setelah jeda internasional dibayang-bayangi perseteruan antara pelatih Marcelo Bielsa dan presiden Vincent Labrune terkait kesepakatan-kesepakatan transfer musim panas terkini.

Pria asal Argentina itu mengklaim bahwa tidak seorang pun pemain yang ia inginkan didatangkan ke Stade Velodrome, dan tidak seorang pun pemain yang direkrut Labrune menghuni tim inti di Annecy.

PSG ditahan imbang tanpa gol di Evian pada bulan lalu, namun Marseille hanya memerlukan 20 detik untuk memecahkan kebuntuan di stadion yang sama, Andre-Pierre Gignac mencatatkan gol tercepat di Liga Prancis musim ini dari umpan Rod Fanni.

Itu merupakan perkenalan yang kejam terhadap Liga Prancis bagi kiper debutan Evian Benjamin Leroy, yang kembali ditaklukkan semenit sebelum turun minum ketika sepakan Gianneli Imbula berubah arah karena mengenai Jonathan Mensah.

Dengan disaksikan presiden Labrune, Dimitri Payet memberi umpan kepada Florian Thauvin untuk mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-60, dan meski Clarck N'Sikulu mencetak satu gol balasan untuk timnya, Marseille sukses mengamankan kemenangan beruntun ketiganya di Liga Prancis musim ini yang semestinya mampu mengangkat ketegangan di Stade Velodrome.

Saint Etienne menaklukkan Caen dengan skor 1-0 pada Sabtu, sedangkan juara bertahan Paris Saint Germain melakukan pemanasan untuk lawatan mereka ke markas Ajax di Liga Champions dengan bermain imbang 1-1 di markas Rennes, meski Zoumana Camara membuat mereka memimpin pada babak pertama.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA