Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Lawan Bulgaria Ajang Pembuktian Verratti

Ahad 29 Mar 2015 00:58 WIB

Rep: C03/ Red: Israr Itah

Marco Verratti

Marco Verratti

Foto: zimbio.com

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA--Gelandang Paris Saint German Marco Verratti merendah meskipun hampir pasti menjadi starter membela Italia dalam laga kualifikasi Piala Eropa Grup H melawan Bulgaria, Ahad (29/3) dini hari WIB. Cedera yang diderita Andrea Pirlo membuat pelatih Italia Antonio Conte menjatuhkan pilihan kepada Verratti.

"Pirlo masih memiliki banyak untuk ditawarkan," tutur Conte jelang laga menghadapi Bulgaria di Stadion Vasil Levski, Sofia seperti dilansir laman UEFA, Sabtu (28/3). "Ini bisa menjadi kesempatan bagi seorang Verratti untuk menunjukan kelasnya, dia bisa mewarisi peran di lini tengah. Ini waktu yang tempat untuknya mengambil kendali tim." 

Burung Hantu Kecila, julukan Verratti memang sudah sering menjadi starter di lini tengah PSG. Namun Conte lebih suka memasang dua gelandang yang bisa turun naik dengan seorang deep lying playmaker dalam formasi 3-5-2. Tak ada peluang bagi Verratti karena Conte lebih memilih Pirlo sebagai pengatur serangan di depan tiga bek.

"Pelatih cenderung memilih gelandang yang bekerja keras membuka ruang untuk lini depan, dan itu bukan kemampuan saya. Saya bermain lebih baik di depan lini pertahanan, tapi Pirlo ada di sana, sehingga posisi terbaik saya di sisi kiri atau kanan bangku candangan," kata Verratti merendah pada awal bulan ini. 

Verratti membawa PSG melaju ke babak perempat final Liga Champion Eropa saat klubnya berhasil menahan imbang Chelsea 2-2 pekan lalu. Ia memiliki kepribadian dan visi dalam bermain bola dalam usianya yang baru 22.

Ia menegaskan selalu siap jika dipercaya Conte bermain. Tapi Verratti sadar pemain muda sepertinya harus bekerja lebih keras, karena pelatih lebih mengandalkan pemain yang berpengalaman. "Saya tidak akan banyak bicara jika Pirlo kembali dipanggil dan saya akan tetap berada di bangku cadangan," kata Verratti yang sangat ingin bermain bersama Pirlo seperti saat Cesare Prandelli menangani timnas Italia di Piala Dunia 2014.

Walau demikian, Verratti merasa itu sepernuhnya kewenangan pelatih untuk memberikannya kesempatan bermain. Menurut dia baik bagi Azzurri banyak pemain bagus berkompetisi untuk mendapatkan kesempatan bermain.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA