Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Eder Selamatkan Italia dari Kekalahan

Ahad 29 Mar 2015 04:57 WIB

Rep: C03/ Red: Israr Itah

Eder (kedua kanan) berlari merayakan golnya bersama rekan-rekannya di timnas Italia, Ahad (29/3) WIB.

Eder (kedua kanan) berlari merayakan golnya bersama rekan-rekannya di timnas Italia, Ahad (29/3) WIB.

Foto: REUTERS/Stoyan Nenov

REPUBLIKA.CO.ID, SOFIA--Italia harus berterima kasih kepada oriundo anyar mereka, Eder. Berkat gol pemain berdarah Brasil ini, Italia terhindar dari kekalahan melawan Bulgaria dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup H. Kedua tim bermain imbang 2-2 di Stadion Vasil Levski, Sofia, Ahad (29/3) dini hari WIB. 

Hasil imbang ini membuat Azzurri berada di posisi kedua klasemen Grup H dengan nilai 11. Italia tertinggal dua angka dari pemuncak klasemen Kroasia. Sementara Bulgaria tertahan di posisi keempat dengan nilai lima.

Skuat asuhan Antonio Conte unggul terlebih dahulu pada menit keempat usai bek Bulgaria Yordan Minev membuat gol bunuh diri. Tapi skor ini hanya bertahan sebentar setelah Ivelin Popov menjebol gawang Italia yang dijaga Salvatore Sirigu pada menit ke-11.

Stanislav Monolev yang menyisir pertahanan sebelah kanan Italia mengirimkan umpan pada Popov. Dari luar kotak penalti, pemain nomor 10 itu melepaskan tendangan kerasnya ke pojok kanan bawah gawang. Sirigu tak sanggup mengadang laju bola. 

Gol Popov membuat penampilan anak asuh Ivaylo Petev lebih lepas. Hasilnya menit ke-17 umpan Georgi Milanov diteruskan Ilijan Mitsanski dengan tandukan untuk menjadi gol. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Italia mencoba bangkit namun upaya Ciro Immobile dan Simone Zaza di lini depan Italia belum membuahkan hasil. Immobile sebetulnya memiliki peluang untuk menyamakan keunggulan.

Sayangnya tandukan Immobile memanfaatkan tendangan bebas Marco Verratti membuat bola menyamping tipis di tiang gawang. Skor pun tak berubah hingga peluit tanda istirahat laga berbunyi.

Usai turun minum Italia tampil menekan dan mendapatkan sejumlah peluang melalui Immobile dan Zaza. Menit ke-55 tendangan keras Immobile dari luar kotak penalti hampir saja menjebol gawang Bulgaria yang dijaga Mihaylov. Namun bola masih melambung. Begitupun menit ke-59 ketika tendangan Verratti masih melebar di sisi kanan kanan gawang Bulgaria.

Namun Italia tak putus asa untuk menekan. Hasilnya baru diraih pada menit ke-84. Eder yang masuk menggantikan Zaza pada menit ke-58 membuat kedudukan imbang 2-2.

Mendapatkan bola di luar kotak penalti, ia membalikkan badan sebelum melepaskan tendangan keras yang tak mampu dijangkau Mihaylov.

 

Berhasil menyamakan kedudukan, Italia terus menggempur pertahanan Bulgaria yang terlihat kendor akibat para pemainnya kelelahan. Gabbiadini nyaris membuat Italia menang. Lepas di depan gawang, pemain Napoli ini melepaskan tendangan menyilang yang sayangnya hanya menyamping tipis di samping gawang. Gabbiadini terlihat sangat menyesal gagal memanfaatkan peluang emas ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA