Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Menpora Kepo Soal Korupsi di FIFA

Rabu 03 Jun 2015 17:10 WIB

Rep: C02/ Red: M Akbar

Menpora Imam Nachrowi.  (ANTARA/Andika Wahyu)

Menpora Imam Nachrowi. (ANTARA/Andika Wahyu)

Foto: ANTARA /Andika Wahyu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrawi angkat suara tentang kasus korupsi yang melanda FIFA. Ia mengatakan FIFA sebagai induk sepakbola dunia saja mempunyai masalah korupsi yang besar. Apalagi anggotanya yang ada di seluruh negara, terutama Indonesia.

Menurutnya, kasus yang terjadi di FIFA karena lemahnya pengawasan. Tidak ada satupun lembaga independen yang mampu membuat FIFA transparan terhadap keuangannya. Sehingga kasus yang sudah lama itu mulai merebak ketika ada intervensi dari orang-orang luar.

"Kasus korupsi terhadap FIFA itu muncul karena tidak adanya pengawasan. Bahkan FIFA sendiri seperti menolak untuk diawasi," ujar Imam Nahrawi di kantor Kemenpora, Rabu (3/6).

Imam melanjutkan Kemenpora tidak ingin kasus serupa terjadi di PSSI. Makanya, Kemenpora selama ini ikut mengawasi PSSI dan mewujudkan transparansi di tubuh PSSI. Bahkan Imam juga meminta seluruh dana yang diberikan FIFA terhadap PSSI harus dilaporkan kepada publik. Karena hal itu merupakan bagian dari transparansi dan pengawasan terhadap jalannya sepakbola Indonesia.

"Seluruh dana yang diberikan FIFA terhadap PSSI pun semestinya transparan. Publik harus mengetahuinya," kata Imam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA