Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Madrid Hidupkan Kembali Harapan Juara

Sabtu 09 Apr 2016 20:20 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Fernan Rahadi

Para pemain Real Madrid merayakan gol.

Para pemain Real Madrid merayakan gol.

Foto: REUTERS/Heino Kalis

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Menang dari Barcelona di El Clasico pekan lalu tidak hanya menaikkan gengsi Real Madrid. Kemenangan itu juga memangkas jarak angka dengan Los Azulgrana di tabel klasemen La Liga.

Kini Los Blancos berada di posisi tiga hanya  berselisih tujuh angka dari Barcelona. Sehinggga enam laga sisa ingin disapu oleh pelatih Zinedine Zidane sembari berharap El Barca tergelincir di beberapa laga sebelum musim berakhir.

Sabtu (9/4) malam WIB nanti, Madrid ingin meneruskan tren positif mereka itu di liga. Lawan yang akan dihadapi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan adalah Eibar. Melihat perbandingan kualitas kedua tim kans Madrid untuk menang  jelas lebih besar. Apalagi kali ini laga akan dihelat di Santiago Bernabeu, markas kebesaran El Merengues.

“Kami hanya berselisih tujuh poin dari puncak klasemen. Kami akan fokus memenangkan laga sisa,” kata Zidane,  dilansir dari laman resmi Real Madrid.

Secara pribadi, kepercayaan diri Zidane sebagai arsitek tim pun semakin besar. Sebelum El Clasico masih ada yang  meragukan kinerja mantan pemain terbaik dunia itu sebagai pelatih klub sebesar Real Madrid.

Kini publik, terutama madridista, sudah yakin bahwa kebintangan Zidane bukan hanya sebagai pemain, tapi juga sebagai pelatih hebat. Dengan kualitas pemain Si Putih yang merupakan sekumpulan pemain-pemain mahal Zidane pun dipercaya akan bisa menghadirkan gelar bergengsi untuk lemari tropi di markas tim.

Hanya saja sebelum menjamu Eibar, tenaga Madrid banyak terkuras. Usai laga melelahkan di El Clasico, El Real harus berjuang di Liga Champions melawan Wolfsburg di babak perempat final leg pertama. untungnya laga melawan klub Jerman itu juga  dihelat di Bernabeu sehingga tenaga Karim Benzema dan kawan-kawan tak banyak habis untuk perjalanan.

Melawan Los Armeros, sepertinya Zidane akan memasang beberapa pemain pelapis untuk menjaga stamina. Pemain sayap  Lucas Vazquez sepertinya akan menjadi pengganti salah satu penyerang dalam formasi 4-3-3. Begitu juga dengan lini tengah di mana Mateo Kovacic atau Isco akan menjadi pengganti untuk Luka Modric atau Toni Kroos.

Untuk jantung pertahanan, Madrid dipastikan tak bisa diperkuat kapten Sergio Ramos. Bek tangguh berusia 30 tahun itu  mendapatkan kartu merah sehingga harus absen selama satu laga di La Liga. Posisi Ramos akan dipercayakan kepada bek  muda asal Prancis Raphael Varane untuk mendampingi Pepe.

Eibar yang saat ini berada di posisi sembilan juga sedang mengalami fase pesakitan. Pada tujuh laga terakhirnya, El Armaginak  tak pernah menang. Lima kali kalah dan dua kali imbang sehingga posisi mereka semakin turun. Padahal pada pertengahan  musim Eibar sempat ikut bersaing di zona Liga Europa.

Pada laga terakhir, Eibar dikalahkan oleh Villareal 1-2 di markas sendiri. Rentetan kekalahan Eibar itu tidak  mengherankan karena kondisi pertahanan  pasukan José Luis Mendilibar itu memang lemah. Sejauh ini dalam 31 jornada Eibar sudah menderita 44 kali kemasukan. Sedangkan klub yang akan mereka hadapi adalah Real Madrid yang merupakan tim  tersubur La Liga dengan torehan 89 gol.


Prediksi Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3)
Pelatih: Zinedine Zidane

Penjaga gawang: Navas

Belakang: Varane, Pepe (tengah), Danilo (kanan), Carvajal (kiri)

Tengah: Modric, Kroos, Isco

Depan: Ronaldo, Benzema, Vazquez


Eibar (4-2-3-1)
Pelatih: José Luis Mendilibar

Penjaga gawang: Riesgo

Belakang: Pantic, Dos Santos, Capa (kanan), Junca (kiri)

Tengah: Escalante, Garcia (gelandang bertahan), Peleteiro, Inui, Keko (gelandang serang)

Depan: Baston


 

Tiga pertemuan terakhir

29/11/15    Eibar    0-2    Real Madrid

11/04/15    Real Madrid    3-0    Eibar

23/11/14    Eibar    0-4    Real Madrid

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA