Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Liverpool Kian Beringas

Ahad 07 Agu 2016 12:10 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Bayu Hermawan

Para pemain Liverpool (ilustrasi)

Para pemain Liverpool (ilustrasi)

Foto: REUTERS/Darren Staples

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Padunya permainan Liverpool asuhan Juergen Klopp terus menunjukkan kemajuan. Komposisi skuat lama peninggalan pelatih Liverpool sebelumnya, Brendan Rodgers, dan amunisi baru pilihan Klopp membuat The Reds tampak sangat siap menaklukkan musim 2016/2017.

Menilik catatan Livepool pada pramusim sejauh ini, Ahad (7/8), decak kagum patut muncul. The Reds melakoni delapan laga sejak Juli lalu. Hasilnya enam menang dan hanya dua kali kalah.

Agresifitas mereka dalam memburu jala gawang lawan sangat tinggi. Total, 17 gol dibuat. Soal rapatnya pertahanan juga layak diacungi jempol. Loris Karius Cs hanya kebobolan tiga kali oleh lawan.

Torehan unik yang layak digarisbawahi dari penampilan Liverpool terlihat di skor hasil akhir saat mereka menang. Seluruh kemenangan Liverpool diraih dengan catatan clean sheets.

Kemenangan paling istimewa terjadi saat mereka menghadapi Barcelona di Stadion Wembley, London, Inggris Ahad (7/8). Raksasa La Liga Spanyol dan eropa itu dibuat tak berkutik oleh pasukan Klopp sepanjang laga.

Empat bola yang menjebol gawang Barca tak satupun bisa dibalas anak asuh Luis Enrique. Padahal, Los Cules tampil dengan dua striker andalan mereka, Luis Suarez dan Lionel Messi, minus Neymar yang tengah membela Timnas Brasil di Olimpiade Rio 2016.

Nama-nama baru Liverpool, seperti striker Sadio Mane dan gelandang Marco Grujic bermain apik. Penampilan penuh percaya diri yang mereka tunjukkan sukses menyatu dengan pemain-pemain lama seperti Jordan Henderson dan Divock Origi.

Hasilnya, Mane, Grujic, dan Origi sukses mencetak gol ke gawang Barca. Bahkan satu gol lainnya lewat bunuh diri yang dilakukan oleh Mascherano pun tak lepas dari penetrasi tajam yang dilakukan barisan serang Liverpool.

Pujian pun mengalir, legenda the Kop, John Arne Riise menyebut eks timnya kini terus menunjukkan kemajuan di bawah kendali Klopp. Peraih titel Liga Champions 2005 bersama Liverpool ini yakin, the Reds era Klopp akan jadi sebuah ledakan besar di Liga Primer Inggris

"Anda harus tahu, saya sekarang adalah fan besar dari seorang Klopp. Ini jelas Liverpool yang berbeda, dia membuat tim ini enerjik dan penuh keberanian," kata Riise dikutip dari Express, Ahad.

Sosok asal Norwegia ini percaya, Klopp dengan rencana besarnya akan membawa Liverpool berjaya di Liga Primer Inggris. Terlebih, skuat pelatih asal Jerman itu tidak akan bermain di eropa.

Hal ini, menurut Riise justru akan jadi keuntungan bagi Liverpool. Penyebabnya, the Anfiled Genk tak perlu membagi konsentrasi dan cukup fokus ke kompetisi liga saja.

"Kita akan melihat karya indahnya hasil dari pemain-pemain pilihan sendiri. Musim lalu, tentu sulit bagi Klopp membawa Liverpool merebut gelar, tapi musim ini, mereka benar-benar unggulan. Lihat saja apa yang mereka perbuat kepada Barcelona," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA