Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Barcelona Undang Chapecoense Ikut Trofeo Joan Gamper 2017

Kamis 08 Dec 2016 20:12 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Tim Chapecoense

Tim Chapecoense

Foto: REUTERS/MAFALDA PRESS/Marcio Cunha

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- Tragedi jatuhnya pesawat yang memakan korban pemain dari klub asal Brasil, Chapecoense menarik simpati raksasa Spanyol, Barcelona. Raksasa Katalan secara resmi akan mengundang juara Copa Sudamericana musim ini untuk mengikuti Trofoe Joan Gamper pada musim panas 2017.

Melalui laman resmi klub yang disadur ESPN FC, Kamis (8/12) Blaugrana mengumumkan undangan kepada klub asal Brasil yang tengah berduka tersebut. Dengan undangan yang disampaikan kepada Chapecoense tersebut, El Barca ingin berkolaborasi dalam pembangunan intitusional dan olahraga klub dan membantu Chapecoense bangkit di kompetisi yang mereka jalani.

Barcelona ingin memberikan penghormatan kepada 71 orang yang meninggal dalam kecelakaan pesawat tersebut dan juga kepada keluarga korban. Ajang Trofeo Joan Gamper yang bakal diikuti Chapecoense itu merupakan bentuk penghormatan dari dunia sepak bola untuk tim berjuluk Verdao (Hijau Besar).

Trofeo Joan Gamper merupakan ajang pertandingan persahabatan yang digelar Barcelona setiap Agustus sebelum memasuki musim baru. Nama trofi diambil dari mantan pemain sekaligus Presiden Barcelona Joan Gamper.

Awalnya, turnamen ini diikuti oleh empat tim. Namun dengan makin padatnya pertandingan dan singkatnya libur pramusim, ajang ini hanya diikuti oleh dua tim, Barcelona dan satu tim undangan. Pada Agustus 2016, Barcelona mengundang Sampdoria dan mengalahkan wakil Italia itu dengan skor 3-2.

Adapun Klub Chapecoense kehilangan tim utamanya yang mengalami kecelakaan saat menumpangi pesawat menuju Kolombia untuk menjalani leg pertama final Copa Sudamericana 2016 menghadapi Atletico Nacional. Para pemain, staf pelatih, dan sejumlah jurnalis dinyatakan tewas pada tragedi di dekat Kota Medellin, Kolombia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA