Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Legenda Liverpool: Klopp Pelatih Terbaik Liga Inggris Musim Ini

Senin 26 Des 2016 05:06 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

Foto: EPA/Andy Rain

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Legenda Liverpool FC, John Aldridge menilai, kepelatihan Jurgen Klopp menjadi yang terbaik di Liga Inggris musim ini. Mantan striker the Reds era 1987-89 itu menilai, pelatih asal Jerman tersebut layak disebut sebagai pahlawan bagi Liverpool.

Aldridge mengungkapkan, tolok ukur keberhasilan Klopp bersama Liverpool, bukan cuma soal kebangkitan klub tersebut musim ini. Namun juga soal penilaian suporter di luar Liverpool.

Ia menilai, para fans fanatik klub-klub lain di Liga Inggris, meski mereka tak menyukai Liverpool, namun mengagumi peran Klopp bersama the Reds.

"Ketika para fans Manchester United dan Everton mengatakan menyukai Klopp, anda tahu dia (Klopp) sudah melakukan satu hal yang benar untuk klub (Liverpool)," kata dia, seperti dikutip dari Triball Football, Ahad (25/12).

Aldridge mengungkapkan, tak terhitung dalam catatannya tentang para penggemar klub-klub di London dan Manchester dari era 1980-an yang jatuh hati dengan kepelatihan Klopp musim ini.

"Mereka (para fans lain) kesal, kenapa bukan dia (Klopp) yang melatih di klub-klub mereka," ujar dia.

Aldridge mengatakan, tentu saja penilaiannya terhadap Klopp, memang bukan jaminan dari keberhasilan Liverpool di musim Liga Inggris tahun ini. Akan tetapi, Klopp sudah membuktikan nama besar Liverpool di sepak bola Inggris, masih ada setelah beberapa tahun belakangan terbenam.

Musim Liga Inggris 2016/17 sepertinya memang menjadi tahun kebangkitan Liverpool. Kepelatihan Klopp mampu membawa the Reds ke posisi tangga kedua klasemen sementara dengan raihan 37 angka dari 17 kali pertandingan. Nilai tersebut, terpaut enam angka dari pamuncak klasemen sementara, Chelsea dengan 43 angka dari 17 kali pertandingan.

Raihan Liverpool di paruh musim Liga Inggris, tahun ini memang kemajuan pesat jika dibandingkan musim-musim sebelumnya. Musim lalu, 2015/16, Liverpool hanya mampu mengakhiri kompetisi Liga Inggris di posisi delapan. Lebih dari lima musim sebelumnya, the Reds tak pernah menembus tiga besar di Liga Primer. Liverpool pun tak pernah lagi mengangkat tropi Liga Inggris sejak 1989/90 silam.

Aldridge mengatakan, peran Klopp musim ini menyimpan harapan bagi para fans dan mantan pemain, agar bisa mengembalikan tropi juara ke Anfield Arena setelah 26 tahun gagal. "Tentu saja waktu yang akan menjawab apakah kecintaan semua fans terhadapnya (Klopp) berakhir dengan gelar juara bagi Liverpool," sambung dia.

Baca juga,  Liverpool Bungkam Juara Bertahan Leicester.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA