Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

MU Benamkan Sunderland 3-1

Selasa 27 Dec 2016 00:10 WIB

Red: Israr Itah

Henrikh Mkhitaryan melepas tendangan akrobatik dengan tumit untuk membawa Manchester United mengalahkan Sunderland 3-0.

Henrikh Mkhitaryan melepas tendangan akrobatik dengan tumit untuk membawa Manchester United mengalahkan Sunderland 3-0.

Foto: Reuters/Phil Noble

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) memetik kemenangan besar 3-1 saat menjamu Sunderland dalam laga Boxing Day di Old Trafford, Senin (26/12). Daley Blind, Zlatan Ibrahimovic, dan Henrikh Mkhitaryan membuat Sunderland merana.

Hasil ini tak mengantrol posisi MU di klasemen. Iblis Merah tetap berada di posisi keenam dengan nilai 33, terpaut 13 angka dari pemuncak klasemen Chelsea. Akan tetapi MU memberikan tekanan kepada tim-tim di atasnya yang belum bermain, yakni Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Liverpool. 

Blind yang absen saat MU mengalahkan West Bromwich Albion pada laga pekan lalu membayar kepercayaan pelatih Jose Mourinho. Selain cekatan meredam serangan Sunderland, pemain timnas Belanda ini juga menjadi pemecah kebuntuan MU.

Berawal dari serangan di sisi kiri, Ibrahimovic mendapatkan bola. Melihat Blind merangsek masuk ke kotak penalti, Ibra mengoper si kulit bundar. 

Tanpa membuang kesempatan, Blind hanya mendorong bola sedikit untuk mendapatkan jarak tembak sebelum melepaskan tendangan menyilang yang tak bisa dijangkau kiper Jordan Pickford. Gol ini menjadi pembeda selama 45 menit pertama. 

Tempo tak terlalu cepat yang dikembangkan MU membuat lini belakang Sunderland tak begitu banyak mendapatkan ancaman berarti. Namun dua kesalahan pada pengujung laga harus dibayar mahal tim asuhan David Moyes.

Pertama saat salah satu bek Sunderland salah mengoper bola dan berhasil dicuri Paul Pogba dari tengah. Ia menggiring bola tanpa kawalan sebelum mengoper kepada Zlatan yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, mantan penyerang Paris Saint-Germain ini menaklukkan Pickford yang keluar dari sarangnya dengan mengarahkan bola ke kanan. 

Gol pada menit ke-82 ini melegakan fan MU dan Mourinho yang merayakan gol ini dengan ekspresif.

Satu menit menjelang waktu normal berakhir, bek Sunderland kembali membuat kesalahan. Kali ini bola dioper ke arah Antonio Valencia. Bek sayap MU ini memberikan bola kepada Ibrahimovic. Melihat sebentar ke kotak penalti, Ibrahimovic melepas umpan matang ke arah Mkhitaryan.

Pemain timnas Armenia ini kemudian melepaskan tendangan kalajengking, menendang bola dengan tumitnya. Gol indah nan spektakuler ini hampir mirip dengan gol Zlatan yang dicetaknya ke gawang Bastia saat masih memperkuat PSG. Tayang ulang memperlihatkan Mkhitaryan dalam posisi offside, namun hakim garis tak mengangkat bendera.

Sunderland mendapatkan gol hiburan pada injury time lewat Fabio Borini. Tendangan jarak jauh melengkung dari luar kotak penalti menjebol gawang David De Gea beberapa saat sebelum wasit Martin Atkinson meniup peluit panjang.

Kekalahan ini membuat Sunderland tak beranjak dari zona degradasi. The Black Cats baru mengumpulkan 14 angka dari 18 laga dan terpuruk di posisi 18 klasemen.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA