Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Sir Alex Bela Klub Inggris yang Dianggap Lemah di Eropa

Kamis 23 Mar 2017 21:38 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani

Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Foto: EPA/Jean-Cristophe Bott

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—Sir Alex Ferguson bicara soal kiprah klub-klub Inggris yang saat ini melempem di panggung Eropa. Sosok yang pernah menangani Manchester United (MU) dari 1986 sampai 2013 tersebut mengatakan, hal-hal seperti ini bagaikan sebuah roda yang berputar.

Dia melihat, pada satu dekade sebuah tim atau konsestan suatu liga bisa selalu jadi penguasa Eropa. Era 1970-an, Ajax Amsterdam dan Bayern Muenchen. Lalu maju ke 1980-an, Sir Alex menyebut ada Liverpool yang jadi raja Eropa. Kemudian era ’90-an, ada Italia lewat AC Milan. Setelah itu klub-klub Inggris sempat menguasai era 2000-an.

"Tapi saya pikir dalam beberapa tahun ini tim Spanyol lah penguasanya, jadi ini bukan soal klub Inggris yang lemah, tapi memang ada siklus yang berputar," kata Sir Alex dikutip dari ESPN, Kamis (23/3).

Pelatih asal Skotlandia ini mengatakan, faktanya saat ini bukan tim Inggris saja yang melemah di Benua Biru. Klub asal Prancis, Italia dan bahkan Jerman yang hanya mengandalkan Muenchen juga sudah lama tak jadi juara di Liga Champions maupun Liga Europa. "Jadi memang saat ini memang karena tim-tim Spanyol lah yang sedang berjaya," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA