Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Gol Maitimo dan Essien Bawa Persib Unggul 2-0 Sementara

Sabtu 05 Agu 2017 19:41 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ratna Puspita

Suasana di Stadion Si Jalak Harupat, Soreng, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8) jelang kick off Persib Bandung vs PS TNI.

Suasana di Stadion Si Jalak Harupat, Soreng, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8) jelang kick off Persib Bandung vs PS TNI.

Foto: Republika/Febrian Fachri

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung tampil menggila saat menjamu PS TNI di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8) malam WIB. Maung Bandung dapat unggul 2-0 atas The Warrior pada babak pertama. 

Persib unggul berkat gol yang dicetak dua pemain bintang, Raphael Maitimo dan Michael Essien. Maitimo mencetak gol pada menit 16 dan Essien pada menit 20. 

Sejak wasit asal Australia Evans Shaun Robert meniupkan peluit tanda kick off dimulai, Persib langsung mengambil inisiatif serangan. Maung Bandung terlihat benar-benar betekad bangkit setelah hanya finis di peringkat 15 pada klasemen akhir paruh musim.

Kombinasi lini tengah Persib yang menurunkan Kim Kurniawan, Dedi Kusnandar dan Michael Essien bermain efektif dalam mengalirkan pola untuk para penyerang Persib. Keriuhan di Stadion Jalak pecah tatkala Kim melakukan pergerakan ciamik dari lapangan tengah. 

Pemain darah campuran Indonesia-Cina-Jerman itu melewati beberapa gelandang TNI dan kemudian melepaskan umpan terobosan kepada Febri Hariyadi yang berlari kencang dari sisi sayap kanan. Febri yang tak terkawal usai meninggalkan bek kiri TNI Agil Munawar melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti menuju Raphael Maitimo. 

Maitimo yang berdiri bebas di mulut gawang tinggal menyentuh bola sedikit saja dengan lututnya untuk menjebol gawang TNI yang dijaga kiper Teguh Amiruddin. Gol Maitimo disambut meriah oleh sekitar dua ribu penonton yang mengisi tribun Stadion Jalak Harupat.

Empat menit kemudian, Persib kembali melakukan selebrasi. Kali ini pemain mahal asal Ghana Michael Essien yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 20. Bekas pemain Chelsea dan Real Madrid tersebut dengan cermat menyundul bola sepak pojok yang diambil Febri. Sundulan Essien begitu tajam menghujam gawang Teguh. 

Nama Eseien pun menggema di seantero Jalak Harupat. Ini adalah gol ketiga Essien untuk Persib di Liga 1. Dengan kata lain gol kedua Essien ke gawang TNI musim ini.

Essien layak disebut sebagai bintang lapangan selama babak pertama. Gelandang 34 tahun itu hampir saja membawa Persib unggul 3-0 pada menit ke 30. Kerja sama satu duanya dengan Maitimo mampu mengobrak abrik pertahanan pasukan Ivan Kolev. 

Essien mengakhiri pergerakan cantiknya dengan sepakan keras tepat ke arah gawang. Sayangnya kali ini Teguh mampu menepis dan bola melenceng ke sisi kanan gawang.

Sebenarnya laga kali ini sepi dibandingkan laga-laga kandang Persib sebelumnya karena Bobotoh mendapat sanksi larangan hadir di stadion sebanyak lima laga. Namun penonton yang hadir tanpa atribut tetap membuat stadion meriah karena terhibur melihat permainan Persib yang punya banyak peluang.

Ada penonton yang menilai Persib main bagus karena kembali ke kandang sebenarnya Jalak Harupat. "Ini Jalak Harupat. Bukan GBLA. Serang terus Persib," begitu kalimat yang terdengar beberapa teriakan penonton di tribun utama Stadion Jalak Harupat. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA