Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Australia tanpa Jedinak pada Laga Play-off Lawan Suriah

Rabu 27 Sep 2017 18:27 WIB

Red: Andri Saubani

Mile Jedinak (tengah)

Mile Jedinak (tengah)

Foto: REUTERS/Ralph Orlowski

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Kapten Australia, Mile Jedinak dipastikan absen pada pertandingan play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia melawan Suriah setelah gagal pulih tepat waktu dari cedera pangkal paha. Sang gelandang, yang absen pada Piala Konfederasi dan pertandingan-pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia melawan Jepang dan Thailand, masuk dalam skuat pendahuluan pekan lalu, namun dicoret dari daftar akhir berisi 23 pemain yang dirilis pada Rabu (26/9).

Pelatih timnas Australia, Ange Postecoglou melakukan lima perubahan dari skuat yang kalah dari Jepang dan mengalahkan Thailand. Di mana penyerang yang berkiprah di Israel, Nikita Rukavytsya masuk tim untuk pertama kalinya sejak 2014 pada pertandingan tandang leg kedua pekan depan di Malaka, Malaysia. Suriah harus memainkan pertandingan-pertandingan kandang mereka di luar negaranya yang tercabik perang karena alasan-alasan keamanan.

Empat pemain lain mendapatkan promosi yakni tiga bek Aziz Behich, Matthew Jurman, dan Josh Risdon, dan gelandang yang berkarier di Belanda Craig Goodwin. Penyerang Jamie MacLaren dan dua bek Ryan McGowan dan Alex Gersbach merupakan sebagian di antara tujuh pemain yang dicoret dari skuad awal berisi 30 pemain.

Australia kalah 0-2 dari Jepang di Saitama dan memerlukan gol telat untuk menjaga peluang mereka saat menang 2-1 atas Thailand di Melbourne. Namun, Postecoglou membantah dirinya membongkar skuat secara besar-besaran sebagai respons dari penampilan-penampilan mereka. "Kami secara konstan melihat dan menilai para pemain," ucapnya pada konferensi pers di Sydney pada Rabu.

Bagaimanapun, pemilihan Rukavytsya (30), akan terlihat menggaris bawahi kecemasan mengenai penyelesaian timnya setelah mereka mencatatkan 45 tembakan saat melawan Thailand yang hanya berbuah dua gol. Ia bergabung dengan penyerang Tomi Juric dan pemain veteran Tim Cahill di skuad, namun ostecoglou akan berharap para gelandang yang bermain di Jerman Matthew Leckie dan Robbie Kruse dapat membawa kesuburan mereka di level klub ke Malaysia.

Tim kembali ke Australia untuk leg kedua di Stadion Olimpiade Sydney pada 10 Oktober, di mana pemenang pertandingan play-off dua leg ini akan melaju untuk bertemu tim peringkat keempat dari zona kualifikasi Amerika Utara dan Tengah. Pemenang play-off antar benua itu akan mengamankan satu posisi di daftar 32 tim yang berpartisipasi di putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia.

Postecoglou kemungkinan akan memberikan ban kapten kepada gelandang Mark Milligan atau mungkin Cahill jika ia tampil sebagai pemain inti di Malaka.

Skuat Timnas Australia

Kiper: Mat Ryan, Mitch Langerak, Danny Vukovic
Bek: Aziz Behich, Milos Degenek, Mathew Jurman, Josh Risdon, Trent Sainsbury, Brad Smith, Bailey Wright.
Gelandang: Mustafa Amini, Craig Goodwin, Jackson Irvine, Robbie Kruse, Mathew Leckie, Massimo Luongo, Mark Milligan, Aaron Mooy, Tom Rogic, James Troisi.
Penyerang: Tim Cahill, Tomi Juric, Nikita Rukavytsya.

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA