Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Bailly Akui Persaingan Ketat di Lini Belakang MU

Sabtu 07 Okt 2017 23:05 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ratna Puspita

Erick Bailly

Erick Bailly

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bek Manchester United Eric Bailly hampir selalu menjadi pilihan utama Jose Mourinho di lini belakang Setan Merah. Meskipun begitu, Bailly menegaskan tidak ada pemain United yang bisa dipastikan mendapat tempat utama di bawah asuhan pelatih asal Portugal tersebut.

Hal ini terlihat ketika bek timnas Pantai Gading tersebut tidak bermain saat Iblis Merah menang melawan Crystal Palace, pekan lalu. Mourinho beralasan Bailly mengalami ‘kelelahan’ sehingga harus diistirahatkan agar tetap berada dalam kondisi bugar. 

“Menurut saya, tidak ada pemain yang secara otomatis mengamankan posisi mereka di dalam tim,” ujar dia kepada United Review, dilansir Sky Sports, Sabtu (7/10).Mourinho menciptakan kompetisi antara para pemain belakang di United. Saat ini, MU tercatat memiliki lima pemain bek tengah dengan kualitas yang merata. 

Bailly dan Phil Jones menjadi tandem yang kokoh sejak awal musim 2017-2018. Sejauh ini, ketika keduanya bermain bersama, MU hanya mengalami dua kali kebobolan dalam tujuh laga yang dijalani. Kondisi ini membuat Chris Smalling dan Victor Lindelof harus menunggu kesempatan tampil dari bangku cadangan. 

Bailly dan Jones sampai saat ini masih menjadi pilihan utama Mou dengan Lindelof dan Smalling yang terkadang dimainkan untuk merotasi lini belakang. Bek lain, Marcos Rojo masih menjalani pemulihan dari cedera yang didapatnya musim lalu. Rojo yang dikabarkan akan kembali pada akhir tahun ini akan menambah panas persainagan di posisi bek tengah. 

Bailly menuturkan persaingan antara bek di Iblis Merah ini sangat baik. Menurut Bailly, atmosfer persaingan dalam tim akan mendorong para pemain untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan. “Sangat penting bagi kami, bagi tim, dan penting bagi pelatih,” kata dia.

Dia pun mengaku memiliki hubungan yang baik antara Phil. Dia juga mengatakan punya hubungan yang baik dengan  Victor Lindelof dan Chris Smalling meskipun belum pernah bermain bersama. 

Bailly menegaskan dirinya akan terus berusaha untuk selalu menjadi pilihan utama di setiap laga. "Dalam pandangan saya persaingan ini adalah hal yang positif, di mana setiap orang akan selalu siap dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan pelatih. Untuk menjawabnya, kami akan berusaha menjaga pertahanan agar hanya tercipta sedikit gol di gawang kami musim in. Itulah tujuan kami semua,” kata Bailly.

Bailly merupakan pemain pertama yang didatangkan Mourinho ketika dia ditunjuk sebagai pelatih United. Kala itu, Bailly, yang masih berusia 22 tahun, didatangkan dari Villarreal dan tidak diketahui oleh sebagian besar pendukung Inggris.

Dia pun mengaku permainannya terus membaik di bawah arahan Mourinho. Menurut dia, hal ini yang paling penting terkait dengan kerja pelatih. “Bagi bek muda, hal itu sangat penting dan dengan pelatih ini saya yakin tentang masa depan saya.”

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA