Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Pemain Asing Persib Ini Ingin Jadi WNI

Ahad 08 Oct 2017 08:36 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Persib Bandung Shohei Matsunaga (kanan).

Pemain Persib Bandung Shohei Matsunaga (kanan).

Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Gelandang serang Persib Shohei Matsunaga dikabarkan sedang mengurus kewarnganegaraan untuk menjadi WNI. Pemain asal Jepang itu bertekad untuk menjadi WNI karena sudah merasa betah tinggal di Indonesia.

Shohei mulai berkarier di sepak bola Tanah Air sejak 2011 lalu. "Saya ingin jadi warga Indonesia dan keluarga di Jepang juga tidak masalah," kata Shohei, dikutip dari laman resmi Persib, Ahad (8/10).

Ayah satu anak ini menambahkan bahwa pengajuan pindah kewarganegaraan ke Indonesia hanya atas namanya pribadi. Istrinya yang juga tinggal di Bandung bersamanya belum berniat mengganti kewarganegaraan. Begitupun anaknya yang baru berusia kurang dari empat bulan.

Namun kelahiran anak di Indonesia juga menjadi salah satu alasan Shohei pindah kewarganegaraan menjadi WNI. "Salah satu alasan saya kemarin karena anak juga lahir di sini (Indonesia)," ujar Shohei.

Shohei menyebut ia sudah mengajukan semua persyaratan pindah kewarganegaraan ini. Sosok yang baru saja diangkat sebagai duta persahabatan Indonesia-Jepang ini juga sudah menjalani tes kesehatan. Ia tak tahu kapan permohonan ini akan dikabulkan pemerintah Indonesia.

Sepak bola Indonesia memang sudah menjadi bagian kehidupan Shohei. Lulusan akademi Schalke 04 ini mulai merumput di Indonesia sejak 2011 lalu di Persib. Ia juga sempat membela Persiba Balikpapan selama dua periode dan memperkuat Persegres Gresik United.

Di musim Liga 1 2017 ini, Shohei kembali ditarik Persib. Ia sudah main 24 laga dan mencetak tiga gol.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA