Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Momentum Madrid Pertahankan Jalur Kemenangan

Ahad 22 Okt 2017 07:17 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita

Penyerang Real Madrid asal Prancis Karim Benzema (tengah) merayakan golnya ke gawang Getafe bersama rekan setimnya, Marco Asensio (kiri) dan Lucas Vazquez pada lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Sabtu (14/10) waktu setempat.

Penyerang Real Madrid asal Prancis Karim Benzema (tengah) merayakan golnya ke gawang Getafe bersama rekan setimnya, Marco Asensio (kiri) dan Lucas Vazquez pada lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Sabtu (14/10) waktu setempat.

Foto: EPA-EFE/Fernando Alvarado

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Tren positif sedang dibangun Real Madrid dalam tiga partai terakhir La Liga. Hasil tersebut membuat posisi mereka untuk sementara berada di tempat ketiga terpaut lima angka dari pemimpin klasemen, Barcelona.

Pada laga kali ini Los Blancos akan menyambut tim papan bawah Eibar dalam lanjutan pekan ke sembilan di Estadio Santiago Bernabeu, Senin (23/10) dini hari WIB. Tentunya, tiga angka menjadi misi yang wajib bagi Cristiano Ronaldo cs untuk bisa menjaga harapan bersaing memperebutkan gelar liga.

Kekalahan atas Real Betis pada 21 September menjadi pecutan bagi anak asuh Zinedine Zidane untuk menatap persaingan La Liga 2017/2018. Terlebih, kekalahan yang mereka terima didapat dihadapan para pendukunganya sendiri.

Sejak kekalahan tersebut, Los Merengues tak pernah lagi mendapat hasil minor atau pun imbang dengan lawannya. Si Putih mampu menggasak Deportivo Alaves dengan skor 2-1, Espanyol 3-0, dan Getafe 2-1.

Tren positif itu dilanjutkan di pentas Eropa (Liga Champions) dengan memukul wakil Jerman Borussia Dortmund 3-1. Terakhir, melawan tim kuat Inggris Tottenham Hotspur Real Madrid menerima hasil imbang 1-1 berkat gol Cristiano Ronaldo.

Niscaya, keberhasilan Madrid di beberapa laga di atas menjadi acuan mereka untuk menatap partai melawan Eibar. Manajer El Real, Zinedine Zidane merasa timnya harus terus berkembang dan bekerja untuk bisa kembali menjadi klub yang disegani para lawan.

"Setelah menghadapai partai tengah pekan melawan (Tottenham) kami memiliki permainan lain di akhir pekan (Eibar). Kami akan terus melangkah dan melanjutkan untuk terus menyatu. Kami juga memiliki permainan lain di kandang Tottenham dan mencoba meraih semua pertandingan dengan kemenangan," ucap Zidane dalam situs resmi Madrid, Rabu (18/10).

Performa Madrid pada musim ini terbilang merosot dibandingkan dengan musim 2016/2017 kemarin. Pasalnya juara bertahan Liga Champions belum menunjukan permainan yang konsisten. Disamping Sebab, pemain andalan mereka yang mengalami cedera.

"Kami terus berkembang, meski kami tak mencatat start bagus di liga. Laga melawan Eibar tentu sangat penting bagi perjalanan kami," sambung pria asal Prancis berdarah Aljazair.

Ketajaman Benzema di lini gedor Madrid tentu ditunggu oleh banyak pendukung Los Blancos. Sebelumnya, ia berhasil menyumbangkan satu gol dalam kemenangan Madrid melawan Getafe.

Untuk urusan formasi, Zidane dipercaya bakal mengusung skema 4-3-3 dengan kembali mempercayai trisula mereka Isco, Ronaldo, dan Benzema. Sementara di lini tengah kembalinya Luka Modric dari cedera akan membuat pekerjaan Toni Kroos dan Casemiro lebih mudah untuk mengalirkan bola ke tiga striker di depan.

Di lini belakang, Keylor Navas yang sudah memperkuat Madrid melawan Tottenham kembali dipercaya Zidane. Sang kiper bakal ditemani oleh empat bek yakni Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo, dan Achraf Hakimi.

Di sisi lain, berkunjung ke markas tim besar seperti Madrid tentu menjadi beban besar bagi pasukan Jose Luis Mendilibar. Terlebih dalam empat partai terakhir, tim berjuluk Ameros menelan tiga kekalahan dan satu hasil imbang. Catatan yang buruk jika dibandingkan dengan sang tuan rumah.

Dani Garcia dan rekan-rekan setim saat ini berada di bibir jurang degradasi (16) dengan perolehan nilai enam dari delapan partai yang telah dilakoni. "Sulit melihat kami berada di posisi ini. Tapi kami akan terus menunjukan kualitas sebagai tim yang solid dan mempertahankan tempat untuk terus tampil di kompetisi tertinggi Spanyol," tegas Mendilibar dikutip laman resmi klub, Rabu (18/10).

Pendukung klub asal Basque tersebut tentu sangat khawatir dengan perjalanan timnya di kompetisi 2017/2018 ini. Pasalnya Eibar baru mengantongi dua kemenangan. Hal tersebut berbeda dengan pencapain pada musim lalu.

"Masih banyak pertandingan penting di depan yang dapat kita yakini. Tim harus bekerja lebih keras untuk bisa meningkatkan permainan. Saya tahu bahwa para fan selalu meminta lebih tapi kami akan berjuang bersama-sama untuk meraih hasil-hasil positif. Akan lebih indah jika kami bisa menahan Madrid, karena itu membuat semangat dan rasa percaya diri tim meningkat."

Eibar diprediksi mengusung skema 5-3-2 dengan mengandalkan dua bomber di lini depan Kike serta Sergi Enrich. Keduanya akan menerima suplai bola dari lini tengah yang dipimpin Dani Garcia, Joan Jordan, dan Gonzalo Escalante.

Untuk lini belakang Anaitz Arbilla bakal berduet dengan Paulo Oliviera, Ivan Ramis, David Junca serta Ander Capa. Kelima bek tersebut akan mengantisipasi serangan-serangan Cristiano Ronaldo.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA