Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

PSSI Rekomendasi Naturalisasi Spaso karena Catatan Baik

Kamis 26 Oct 2017 23:03 WIB

Red: Ratna Puspita

Pesepak bola Bhayangkara FC Ilija Spasojevic

Pesepak bola Bhayangkara FC Ilija Spasojevic

Foto: Antara/Risky Andrianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan setuju memberikan rekomendasi naturalisasi pesepak bola asal Montenegro Ilija Spasojevic kepada pemerintah karena menganggap pemain Bhayangkara FC itu memiliki catatan baik selama merumput di Indonesia.

"PSSI menilai yang bersangkutan merupakan pesepak bola aktif dan memiliki rekam jejak yang baik," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, Kamis (26/10). 

Selain itu, Joko menyatakan PSSI juga mempertimbangkan niat pemain yang akrab disapa Spaso itu untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Ditambah lagi, Spasojevic juga menikah dengan perempuan Indonesia dan saat ini sudah memiliki dua anak.

"Prinsipnya, PSSI tidak bisa menghalangi warga non-WNI kalau ingin menjadi WNI. Akan tetapi, khusus untuk pesepak bola asing di Indonesia yang memohon rekomendasi naturalisasi, PSSI memiliki kewenangan untuk memberikannya atau tidak," kata Joko.

Terkait kemungkinan Spasojevic memperkuat tim nasional Indonesia, Joko menganggap itu bisa saja terjadi karena penyerang berusia 30 tahun itu sudah berstatus pesepak bola WNI dan kini masih aktif bermain di liga. Namun, PSSI menegaskan bahwa pilihan pemain timnas berada sepenuhnya di tangan pelatih Luis Milla dan tidak akan melakukan intervensi atas hal tersebut.

Kabar resmi Ilija Spasojevic menjadi pemegang paspor Indonesia diketahui pada Rabu (25/10) setelah pemain yang berkiprah di dunia sepak bola Indonesia sejak 2011 itu mengumumkannya melalui laman media sosial pribadinya. Ilija Spasojevic mengungkapkan keputusannya sebagai WNI merupakan mimpi yang sudah lama ingin diwujudkan sejak dia tiba di Indonesia pada 2010 dan memulai karier setahun setelahnya.

"Sudah tujuh tahun saya di Indonesia dan menikah dengan perempuan Indonesia selama empat tahun. Dua anak saya juga WNI. Kemarin adalah hari yang spesial untuk saya dan keluarga," tutur dia.

Spasojevic pun sudah menyiapkan selebrasi khusus bila berhasil mencetak gol dalam laga perdananya sebagai Warga Negara Indonesia saat menghadapi Persela Lamongan di Kota Bekasi, Jumat (27/10). 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA