Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

6 Momen Mengesankan Pirlo Bersama Timnas Italia

Selasa 07 Nov 2017 11:40 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

Foto: REUTERS/Paul Hanna

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Andrea Pirlo telah resmi gantung sepatu dari lapangan hijau. Terakhir, mantan penggawa tim nasional Italia ini memperkuat klub asal Amerika Serikat, New York City di Major League Soccer. 

Jika dihitung sejak belia, Pirlo sudah 21 tahun memperkuat timnas Italia di berbagai kelompok usia. Ia terakhir tampil dengan seragam Azzurri pada 2015 silam.

Pirlo pantas masuk dalam jajaran legenda timnas Italia. Trofi Piala Dunia 2006 menegaskan itu. Football Italia pun merangkum lima momen penting Pirlo bersama Gli Azzurri. Berikut catatannya: 

Cetak dua gol ke gawang Skotlandia pada kualifikasi Piala Dunia 2006 

Pirlo menjadi bintang Italia U-21, tapi kesulitan menembus Azzurri. Pelatih Giovanni Trapattoni mengambil keputusan penting memercayakannya tampil padalaga kualifikasi Piala Dunia 2006, di San Siro pada Maret 2005. Pirlo menunjukkan keputusan Trappatoni tak keliru. Ia mencetak dua gol kemenangan Italia lewat tendangan bebas. Sejak itu, posisi playmaker menjadi miliknya.

Cetak gol pertama Italia ke gawang Ghana pada Piala Dunia 2006

Italia menjuarai Piala Dunia 2006 dengan penuh drama dengan mengalahkan Prancis di partai puncak. Perjalanan istimewa Azzurri ini diawali oleh gol indah Pirlo ke gawang Ghana. Jelang babak pertama berakhir, gol indah Pirlo dari tepi kotak penalti memecah kebuntuan. Vincenzo Iaquinta membuat La Nasionale unggul 2-0 tujuh menit menjelang babak pertama berakhir.

Menjadi kreator gol Fabio Grosso pada menit ke-118 melawan Jerman

Kedua tim bertarung sengit pada semifinal Piala Dunia 2006 hingga berlanjut pada babak perpanjangan waktu. Jerman yang menjadi tuan rumah harus gigit jari setelah Grosso membobol gawang mereka pada menit ke-118. Sang arsitek gol tak lain Pirlo lewat umpan matangnya.

Tendangan Panenka saat adu penalti lawan Inggris di Piala Eropa 2012

Inggris berhasil memaksa Italia menjalani adu penalti. Azzurri di ambang kekalahan saat Riccardo Montolivo gagal menaklukkan Joe Hart pada kesempatan kedua. Inggris berbalik unggul 2-1 saat Wayne Rooney berhasil menaklukkan Gianluigi Buffon. Namun Pirlo yang mendapatkan kesempatan ketiga tak kehilangan ketenangannya. Joe Hart yang menjulurkan lidahnya dibuat tertunduk malu saat Pirlo mencungkil bola ke arah tengah, sementara sang kiper melompat ke kanan. Italia berbalik menang 4-2.

Mencetak gol melawan Meksiko pada Piala Konfederasi 2013

Gol ke gawang Meksiko di Stadion Maracana menjadi yang terakhir dari sang maestro dalam balutan kostum Gli Azzurri. Total, Pirlo telah membela negaranya dalam 116 kesempatan, dan mencetak 13 gol. Ia menjadi penampil terbanyak keempat untuk Italia, di belakang, Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro, dan Paolo Maldini.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA