Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Swedia Taklukkan Italia 1-0

Sabtu 11 Nov 2017 04:58 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Agung Sasongko

Logo Piala Dunia Rusia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018

Foto: FIFA.com

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Swedia membuka peluang lolos ke Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Italia 1-0 pada laga Playoff  di Friends Arena, Stockholm, Sabtu Dinihari. Kemenangan Swedia ditentukan gol Jakob Johansson pada menit ke-61.

Sejak awal laga, tensi pertandingan begitu tinggi. Semenit laga berjalan, bek Italia, Leonardo Bonucci harus dijegal striker Ola Toivonen. Striker Swedia, Markus Berg pun memprotes keputusan wasit, namun malah mendapat kartu kuning.

Menit ke-4, Emil Forsberg melakukan tendangan bebas yang dihasilkan dari pelanggaran Bonucci terhadap Marcus Berg. Namun sontekan winger Leipzig itu masih melenceng dari mistar Gianluigi Buffon.
 
Pada Menit berikutnya, pemain Italia Andrea Belotti berpeluang cetak gol, namun sundulan kepalanya meleceng dari target. Dari pihak kandang, menit ke-11 Ola Toivonen mencoba menyundul bola tetapi masih dipatahkan oleh pemain Italia.
 
Beberapa serangan Swedia masih dapat dihalau bek Italia Barzagli dan Chiellini menghalau bola dari gempuran Swedia. Hingga babak pertama usai, skor tetap kacamata.
 
Memasuki babak kedua, Jakob Johansson masuk menggantikan Ekdal di menit 57. Baru empat menit berselang, Johansson memecah kebuntuan melalui tendangannya ke gawang italia di menit ke-61 dengan memanfaatkan umpan baik dari Toivonen. Tembakan Johansson sempat membentur Bonucci sebelum bola bola akhirnya meluncur ke dalam gawang Italia.

Ventura sempat berupaya menyegarkan lini depan Italia dengan memasukkan Eder. Striker yang juga memiliki paspor Brasil itu diharapkan mampu menambah daya gedor Gli Azzurri. Eder berpeluang menyelamatkan Italia, namun tembakan kencang striker Inter itu masih bisa diredam oleh Thelin, yang menghalau laju bola.

Italia juga sempat berjudi dengan menarik keluar gelandang sentralnya, Veratti. Pemain PSG tersebut digantikan oleh penyerang L Insigne untuk meningkatkan daya gedor Italia. Namun, hal tersebut tetap belum bisa mencetak angka untuk Italia.

Hasil ini membuat Italia harus berjuang ekstra dalam leg kedua yang akan digelar di Italia tiga hari ke depan atau kenangan pahit pada 1958 kembali terjadi, dimana Italia gagal ikut dalam gelaran terbesar sepak bola antarnegara dunia.

Susunan pemain

Swedia: Robin Olsen; Andreas Granqvist, Victor Lindeloef, Ludwig Augustinsson, Emil Krafth ( 83'), Albin Ekdal (Jakob Johansson 57'), Sebastian Larsson, Emil Forsberg, Viktor Claesson, Marcus Berg (Isaac Kiese Thelin 75'), Ola Toivonen

Italia: Gianluigi Buffon; Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Marco Verratti (Lorenzo Insigne 76'), Marco Parolo, Daniele De Rossi, Matteo Darmian, Antonio Candreva, Ciro Immobile, Andrea Belotti (Eder 65')

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA