Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Pelatih Argentina Minta Messi Cs Atasi Dinginnya Rusia

Sabtu 11 Nov 2017 19:27 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto

Penyerang Argentina, Lionel Messi

Penyerang Argentina, Lionel Messi

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pelatih Argentina Jorge Sampaoli meminta pasukannya untuk bisa tahan dengan suhu rendah dan cuaca kering yang nanti menaungi laga melawan tuan rumah Rusia, Sabtu (11/11) malam WIB.

Menurut Sampaoli, skuat Argentina harus bisa menjalani pertandingan dengan hati-hati demi menghindari cedera akibat kondisi dingin di Rusia.

Sampaoli meminta para pemainnya bermain tenang. Menurut pelatih berkepala plontos ini, Argentina tak perlu risau dengan hasil akhir laga karena pertandingan kontra Rusia murni akan menjadi uji kekuatan timnya saja.

"Kami harus siap apapun situasinya. Tapi saya tetap meminta para pemain bisa menunjukkan yang terbaik," kata Sampaoli dikutip dari Euro Sport, Sabtu (11/11)

Laga nanti bisa menjadi uji coba sempurna bagi Argentina untuk mengetahui atmosfer pertandingan di negara yang akan menggelar Piala Dunia tahun depan itu. Di negeri yang berbatasan dengan kutub utara tersebut, Lionel Messi Cs akan menghadapi Rusia di Stadion Olimpiyskiy Luzhniki yang terletak di pusat kota Moskow.

Temperatur suhu di ibu kota Rusia tersebut jadi tantangan tersendiri bagi Argentina. Sebagai tim yang berasal dari benua beriklim tropis, bermain di suhu sangat rendah seperti Kota Moskow tentu bukanlah perkara mudah untuk pasukan Argentina.

Pada sesi latihan pun, para pemain Argentina tampak sudah mengenakan ragam antribut antidingin di sekujur tubuh. Duo penyerang, Messi dan Sergio Aguero misalnya, terlihat menggunakan celana legging hingga syal leher super tebal ketika tertangkap kamera sedang berlatih di Moskow, Rabu (8/11).

Messi, Aguero, dan sebagian besar anggota skuat Argentina lainnya tentu sudah terbiasa bermain di suhu dingin. Hal ini karena sebagian besar skuat tim Tango berkiprah di klub-klub Eropa.

Namun, daratan Rusia merupakan medan tempur yang berbeda. Bulan November hingga Januari adalah saatnya musim dingin menyelimuti wilayah dari negara yang dipimpin oleh sosok karismatik Vladimir Putin itu. Dikutip dari Accu Weather, dinginnya Rusia, khususnya Moskow bisa mencapai -9 derajat Celcius.

Meski demikian, pelatih 57 tahun ini ingin agar pasukannya bisa menikmati laga melawan Rusia. Sampaoli menegaskan, Albicelestes layak untuk menikmati laga melawan Rusia dengan tenang.

Menurut Sampaoli, pasukannya berhak menikmati permainan yang tak menguras tenaga setelah secara luar biasa bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dua pekan lalu.

Sampaoli menyatakan, perjuangan pasukannya sangat menakjubkan karena meski tekanan besar melanda, tiket Piala Dunia 2018 tetap bisa digenggam. "Kami lolos dari lubang yang sangat sempit. Kini saatnya kami melepaskan beban, saya ingin para pemain terbaik saya tampil maksimal," kata mantan pelatih Cile ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA