Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Kagawa dan Son Kandidat Pemain Internasional Terbaik Asia

Senin 20 Nov 2017 12:50 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah

Son Heung-min

Son Heung-min

Foto: Nigel French/PA via AP

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Playmaker Borussia Dortmund Shinji Kagawa, gelandang serang Tottenham Hotspur Son Heung-min, dan gelandang Huddersfield Aaron Mooy masuk ke dalam tiga besar kandidat untuk mendapatkan gelar Pemain Internasional Terbaik Asia 2017 (AFC Asian International Player of the Year).

Dikutip dari ESPN, Senin (20/11) ketiganya dinilai layak masuk menjadi calon kuat penerima penghargaan berdasarkan kontribusi untuk negara dan klub.

Kagawa berhasil meloloskan Jepang ke Piala Dunia Rusia 2018. Di klub, bekas pemain Manchester United itu membantu Die Borussien menjadi juara DFB Pokal.

Son juga hampir sama. Gelandang 25 tahun ini menjadi pilar Korea Selatan pada Kualifikasi Piala Dunia 2018. Dua musim bersama Spurs dia juga selalu jadi pemain regular dan membantu klbunya bersaing di jalur juara Liga Primer Inggris.

Nama baru yang mencuat di tiga besar adalah Aaron Mooy. Pemain Timnas Australia yang membela klub promosi Liga Primer Huddersfield Town. Mooy jadi andalan The Soceroos yang lolos melalui babak play-off ke Rusia. Bek tengah berusia 27 tahun tersebut banyak membantu perjuangan Huddersfield Town promosi ke Liga Inggris musim ini.

Penghargaan AFC Asian International Player of the Year baru diberikan sejak 2012 lalu. Son dan Kagawa sama-sama sudah pernah sekali merasakan penghargaan tersebut. Kagawa meraihnya pada 2012 lalu ketika ia membawa Dortmund merusak dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga Jerman. Son mendapatkan giliran pada periode 2015 ketika ia menjalani musim debut yang hebat dengan Spurs.

Tahun lalu, gelar AFC Asian International Player of the Year dimenangkan oleh rekan senegara Kagawa Shinji Okazaki yang membawa Leicester City juara Liga Primer Inggris 2016.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA