Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Lima Fakta Usai Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2017

Ahad 17 Dec 2017 13:41 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain Real Madrid melakukan selebrasi setelah mengalahkan Gremio 1-0 pada final Piala Dunia Antarklub 2017 di Abu Dhabi, Sabtu (17/12).

Para pemain Real Madrid melakukan selebrasi setelah mengalahkan Gremio 1-0 pada final Piala Dunia Antarklub 2017 di Abu Dhabi, Sabtu (17/12).

Foto: EPA-EFE/MARTIN DOKOUPIL

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Ketika banyak klub Eropa disibukkan pada kompetisi liga domestik, di benua lain Real Madrid sedang merayakan keberhasilannya merengkuh trofi Piala Dunia Antarklub sekaligus menorehkan rekor baru menjadi satu-satunya klub yang dua kali beruntun jadi juara dunia.

Sebagai juara Eropa, Los Merengues langsung melangkah ke babak semifinal. Di babak tersebut, Madrid bertemu dengan klub Unai Emirate Arab (UEA) Al Jazira. Berhadapan dengan klub tersebut pasukan Zinedine Zidane terlihat kesulitan. Mereka harus kebobolan lebih dulu melalui pemain asal Brasil, Romanrinho.

Beruntung Madrid masih dilindungi dewi fortuna, adalah megabintang Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale yang mencetak gol penyama serta mengantarkan Madrid lolos ke final. Di partai final Madrid bertemu dengan wakil Amerika Selatan, Gremio yang sukses mengalahkan Pachuca.

Bermain di Stadion Zayed Sport City, Ahad (17/12) dinihari WIB, Madrid pun bisa dikatakan tampil kurang ganas. Sergio Ramos dan kolega bahkan sulit mencetak gol pada 45 menit babak pertama. Tidak terlalu banyak juga peluang yang dihadirkan kedua tim.

Namun, sebuah penantian Los Blancos hadir pada menit ke-53, tendangan bebas Ronaldo yang kali ini membawa kemenangan bagi Madrid. Sebuah gol spesial yang menandai perolehan tujuh golnya di pentas ini. Pesepak bola asal Portugal juga sukses menjadi pemain pertama yang mencetak gol di empat pertandingan Piala Dunia Antarklub.

Berikut lima fakta usai Real Madrid menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017

1. Real Madrid menjadi klub pertama yang sukses menjuarai Piala Dunia Antarklub secara beruntun sejak format berganti. Sebelumnya, pada era Interkontinental, Sao Paulo yang bisa menyamai prestasi El Real ini pada medio 1992 dan 1993.

2 Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang sukes mencetak gol di final Piala Dunia Antarklub secara beruntun. Tahun lalu, ia mencetak hattrick saat menghadapi Kashima Antlers di final.

3. Striker Madrid Karim Benzema menjadi pemain yang paling banyak melepas tembakan ke arah gawang, namun ia tak mencetak satu gol pun di partai pamungkas ini.

4. Real Madrid sudah memenangi lima trofi juara (La Liga, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub) dalam satu tahun untuk pertama kalinya.

5. Los Merengues menyamai jumlah trofi Piala Dunia Antarklub yang diraih Barcelona, yakni tiga trofi. Barca berkesempatan merebut empat trofi, tapi sempat kalah di Piala Dunia Antarklub 2006 lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA