Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Teknologi VAR Diuji pada Piala FA Jumat Ini

Kamis 04 Jan 2018 07:39 WIB

Red: Ratna Puspita

Ofisial FIFA mengecek Video Assistan Referee (VAR) pada pertandingan Piala Dunia Antarklub 2016.

Ofisial FIFA mengecek Video Assistan Referee (VAR) pada pertandingan Piala Dunia Antarklub 2016.

Foto: EPA/KIMIMASA MAYAMA

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Liverpool akan melakoni derbi Merseyside melawan Everton pada pertandingan putaran ketiga Piala FA di Stadion Anfield, Jumat (5/1) waktu setempat. Pertandingan lain pada Jumat akan mempertemukan juara 2016 Manchester United dengan Derby County, yang menghuni peringkat kedua di Championship, sedangkan tetangga mereka, Manchester City, akan bermain melawan Burnley pada Sabtu.

Pertandingan-pertandingan Piala FA lainnya akan dimainkan dalam rentang waktu empat hari, di mana pertandingan terakhir pada Senin (8/1) antara Brighton & Hove Albion dan Crystal Palace. Untuk membuat cemas para sosok ‘pecinta kemurnian sepak bola’, pertandingan-pertandingan itu menandai pertama kalinya sistem video tayangan ulang atau video asisten wasit (VAR) akan digunakan pada pertandingan utama di Inggris.

Teknologi itu akan membatasi tiga situasi yang dapat mengubah permainan, yakni gol, penalti, dan kartu merah langsung. Penggunaan VAR dilakukan dalam kondisi tepat waktu lantaran para wasit telah dikritik karena kerap mengambil keputusan penting yang keliru.

Pekan lalu di liga, Arsenal harus menelan pil pahit akibat handball yang berbuah keputusan penalti dan berujung gol penyama kedudukan untuk West Bromwich Albion. Sang juara bertahan Piala FA akan mengharapkan keberuntungan yang lebih baik ketika mereka memulai misinya untuk mempertahankan piala, dengan bekal tiga kemenangan dalam empat tahun di markas Nottingham Forest yang saat ini tidak memiliki manajer pada Ahad (7/1).

Shrewsbury merupakan salah satu tim divisi bawah yang akan memainkan pertandingan putaran ketiga melawan tim dari strata lebih tinggi. The Shrews, yang menghuni peringkat kedua di kompetisi strata ketiga League One, akan menghadapi West Ham United yang memprioritaskan selamat dari ancaman degradasi dan memainkan pertandingan ketiga mereka dalam enam hari.

Tim papan bawah lain dari Liga Inggris, West Brom mungkin mendapat masalah saat bermain di markas tim League Two Exeter City, sedangkan finalis musim lalu Chelsea akan melawat ke markas Norwich City dari Championship. Tidak biasanya, tidak ada tim non liga yang menembus putaran ketiga, namun undian mempertemukan sejumlah pemain dengan bekas timnya.

Pertemuan paling populer adalah pemain Leicester City Jamie Vardy, yang kembali ke Fleetwood Town, yang merupakan tim non liga ketika sang penyerang hengkang pada 2012 setelah mencetak 31 gol dari 36 pertandingan. Fleetwood, yang kini dilatih oleh mantan penyerang Leicester City Uwe Rosler, telah menanjak saat tidak lagi diperkuat oleh Vardy dan kini berada di peringkat ke-12 di League One.

Mungkin keceriaan terbesar di putaran ketiga akan terdengar di markas Brentford, Griffin Park, di mana pemain internasional Republik Irlandia Alan Judge akan memainkan pertandingan pertamanya dalam 21 bulan, melawan bekas timnya Notts County. Gelandang itu tidak bermain sejak mengalami patah kaki di tiga tempat saat melawan Ipswich Town pada April 2016. 

Namun, dia telah diberitahu oleh pelatih Dean Smith bahwa, setelah duduk di bangku pemain cadangan Brentford pada beberapa pertandingan, ia akan dimainkan pada Sabtu (6/1). Cedera mengerikan Judge yang membutuhkan dua operasi untuk memulihkan diri dan membuyarkan peluang pemain 29 tahun ini untuk tampil di Piala Eropa 2016 dan kepindahan ke klub Liga Inggris.

"Saya tidak menonton sepak bola selama setahun," ucapnya menjelang penampilannya. "Saya sedikit menonton di sini atau di sana, namun saya tidak menyaksikan Brentford bermain selama setahun, sampai saya tahu saya telah bugar dan saya tahu saya dapat kembali."

Pada Sabtu, penantian panjang itu akan usai.

 

 

 

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA