Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Arsenal Klub Terkaya Kedua Dunia Meski Seret Trofi

Kamis 04 Jan 2018 18:47 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah

Skuat Arsenal ketika menghadapi BATE Borisov, Jumat (8/12) dini hari WIB.

Skuat Arsenal ketika menghadapi BATE Borisov, Jumat (8/12) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal menduduki peringkat kedua dalam daftar klub dengan kekuatan uang terbesar di dunia. Data yang dilansir oleh Soccerex Football Finance 100, Kamis (4/1), hingga penutup tahun 2017, Arsenal bahkan mengungguli klub kaya raya sarat prestasi di Inggris, Manchester United.

Diketahui, Soccerex menilai kekuatan uang sebuah klub lewat kalkulasi kombinasi aset, uang di bank dan kekayaan dari si pemilik. Dengan standar penghitungan seperti ini, tetangga sekota Arsenal Tottenham Hotspur yang belum pernah menjuarai Liga Primer Inggris pun bisa menduduki peringkat kelima mengungguli Real Madrid.

Dari laporan yang dipublikasikan oleh Sky Sports tersebut, Arsenal dianggap layak menduduki peringkat kedua karena meski miskin prestasi tapi manajemennya andal dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran. Satu di antaranya adalah soal kebijakan pembelian pemain yang irit.

"Arsenal di posisi kedua mungkin terdengar mengejutkan mengingat hobi mereka yang berhemat di bursa transfer," tulis laporan tersebut, dikutip Kamis (4/1).

Dalam dua dekade terakhir, Arsenal memang terus mengokohkan posisinya sebagai salah satu klub terpopuler di Inggris. Hal tersebut tak lepas dari peran besar pelatih Arsene Wenger yang sudah 20 tahun menukangi the Gunners.

Soal trofi, Arsenal memang hanya punya koleksi empat gelar juara Piala FA sejak vakum memenangi Liga Primer Inggris musim 2003/2004,.

Akan tetapi dari kaca mata bisnis, Wenger adalah pencetak uang yang ulung bagi Arsenal. Keberhasilannya yang selalu membawa Arsenal tampil di Liga Champions dalam 19 musim secara beruntun (1997-2016) jadi penyuntik utama bagi keuangan klub.

Dengan tampil di Liga Champions, artinya Arsenal mendapatkan tambahan pemasukan lewat hak siar. Sekadar catatan, dari hak siar dua kompetisi saja, Liga Primer Inggris dan Liga Champions musim 2016/2017, Arsenal mendapatkan dana segar sebanyak 99,3 juta pound (Rp 1,7 triliun).

Rinciannya, dinukil dari Total Sportek, Arsenal mengantongi 77,3 juta pounds (Rp 1,3 triliun) dari keuntungan hak siar Liga Primer Inggris 2015/2016. Sedangkan dari hak siar Liga Champions, dilansir oleh Bleacher Report, the Gunners mendapatkan 22 juta pounds (Rp 376 miliar) . 

Dengan jumlah uang yang dicetak Wenger dan pasukannya, Arsenal sukses jadi klub kaya raya. Biaya pembangunan rumah megah, Emirates Stadium, yang memakan uang sebesar 390 juta pound pun sanggup ditutupi.

Prestasi dari segi keuangan inilah yang konon jadi daya tarik pemilik saham terbesar Arsenal, Enos Stanley Kroenke untuk terus mempertahankan Wenger. Sebagai seorang pelaku bisnis asal Amerika Serikat, insting Kroenke yang bergelut di bidang kewirausahaan tentu memilih untuk mempertahankan penghasil uang andal seperti Wenger.

Berikut 10 besar klub dengan kekuatan uang terbesar di dunia:

1. Manchester City

2. Arsenal

3. Paris Saint-Germain 

4. Guangzhou Evergrande

5. Tottenham

6. Real Madrid

7. Manchester United

8. Juventus

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA