Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Taklukkan Stoke, MU Pangkas Selisih Angka dari City

Selasa 16 Jan 2018 04:58 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Manchester United Romelu Lukaku (kanan) melepaskan tembakan ke gawang Stoke City dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Manchester, Selasa (16/1) dini hari WIB.

Penyerang Manchester United Romelu Lukaku (kanan) melepaskan tembakan ke gawang Stoke City dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Manchester, Selasa (16/1) dini hari WIB.

Foto: AP Photo/Rui Vieira

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) tak mau menyiakan kekalahan sang pemuncak klasemen Liga Primer Inggris Manchester City dari Liverpool. MU memangkas selisih angka dari City dengan kemenangan 3-0 atas Stoke City di Old Trafford, Selasa (16/1) dini hari WIB. 

Tiga gol kemenangan Iblis Merah datang dari Antonio Valencia (9'), Anthony Martial (38'), dan Romelu Lukaku (72'). Tambahan tiga angka membuat Iblis Merah kini mengoleksi nilai 50, terpaut 12 poin dari City. MU unggul tiga angka dari Liverpool dan Chelsea. 

Adapun Stoke gagal melompat dari zona degradasi. The Potters berada di peringkat ke-18, mengumpulkan nilai 20 dari 23. Stoke terpaut satu angka dari Southampton di batas akhir wilayah aman.

Jalannya laga

Gol pertama MU berawal dari operan Paul Pogba ke Valencia di sisi kanan. Valencia mengecoh bek kiri Stoke Josh Tymon sebelum melepas tendangan melengkung kaki kiri. Tymon tampaknya tak menyangka Valencia melepas tendangan dengan kaki kiri yang jarang ia gunakan. Bola menembus sudut atas tiang jauh yang tak mampu dibendung kiper Jack Butland.

Gol ini membuat para pemain MU semakin bersemangat untuk menyerang. Di sisi lain, tim tamu juga bernafsu mengejar ketertinggalan.

Stephen Ireland mendapatkan kesempatan pertama pada menit ke-16. Akan tetapi ia membuang peluang di kotak penalti MU karena tendangannya menyamping. Ireland kembali menyiakan peluang lima menit berselang setelah upanya kembali melebar.

Tiga menit berselang, Phil Jones menjaga gawang MU tetap perawan. Ia memblok tendangan Maxim Choupo-Moting dari jarak dekat saat De Gea sudah meninggalkan sarangnya.

MU yang tampil kurang meyakinkan pada babak pertama justru menambah gol pada menit ke-38, kembali dari kejelian Pogba. Ia menarik sejumlah pemain Stoke di sisi kanan dan melepas operan datar ke depan kotak penalti. Martial yang tanpa penjagaan menyambar dengan tendangan first time melengkung ke pojok kanan atas gawang. 

De Gea menjaga skor tetap 2-0 menjelang jeda saat menggagalkan serangan Stoke yang dikreasi Xherdan Shaqiri. Ia menyetop operan Shaqiri ke tiang jauh saat para bek MU sudah terkecoh.

Babak kedua, MU tampil lebih baik dengan mendominasi laga. Sejumlah peluang didapatkan lewat Martial dan Juan Mata. Akan tetapi jika tidak melebar, bola tendangan mereka hanya melambung.

Hingga akhirnya pada menit ke-72 Martial melepas operan ke Lukaku yang membelakangi gawang di kotak penalti. Lukaku membalikkan badan, mengecoh dua pemain, dan melepas tendangan keras datar untuk menaklukkan Butland dari tiang dekat. Skor 3-0 bertahan hingga akhir laga walaupun kedua tim sama-sama mendapatkan peluang emas hingga injury time dua menit berakhir.

Susunan pemain:
Manchester United (4-2-3-1)
De Gea; Valencia, Jones, Smalling, Shaw; Pogba, Matic; Mata, Lingard, Martial; Lukaku. 
Cadangan: Lindelof, Rojo, Rashford (80' Martial), Ander Herrera, Fellaini (80' Lingard), McTominay (83' Mata), Joel Pereira.
Stoke City (4-1-4-1)
Butland: Bauer, Zouma, Martins Indi, Tymon; Fletcher; Shaqiri, Allen, Ireland, Choupo-Moting; Crouch. 
Cadangan: Wimmer (46' Tymon), Afellay, Adam, Diouf (70' Crouch), Sobhi (61' Choupo-Moting), Grant, Edwards.
Wasit: Anthony Taylor 

photo

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA