Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Barca Petik Kemenangan 2-0 di Markas Eibar

Ahad 18 Feb 2018 00:20 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi / Red: Ratna Puspita

Luis Suarez.

Luis Suarez.

Foto: EPA-EFE/JUAN HERRERO
Gol-gol Barca disumbang Luis Suarez dan Jordi Alba.

REPUBLIKA.CO.ID, EIBAR — Barcelona meraih tiga angka dalam lawatannya ke markas Eibar, Stadion Ipurua Municipal, Sabtu (17/2) malam WIB. Pada laga pekan ke-24 La Liga Spanyol 2017/2018 tersebut, Barca meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Gol-gol Barca disumbang oleh striker Luis Suarez menit ke-16 dan bek kiri Jordi Alba menit ke-88. Tambahan tiga angka ini membuat Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen dengan 62 angka. 

Jumlah tersebut unggul 10 angka dari Atletico Madrid yang ada di peringkat kedua. Namun, Atleti baru akan memainkan laga pekan ke-24 melawan Athletic Bilbao pada Ahad (18/2) malam WIB.

Jalannya pertandingan

Barcelona yang langsung tancap gas sejak menit pertama. Memainkan skuat terbaiknya dalam balutan formasi 4-4-2, Barca mampu menguasai jalannya pertandingan sejak peluit ditiupkan wasit Alejandro Hernandez.

Baru 16 menit pertandingan dimulai, Barca bisa langsung unggul lewat aksi Suarez. Gol ini bermula dari serangan balik yang dibangun oleh Lionel Messi. 

Pemain asal Argentina ini menggiring bola di tengah lapangan dan langsung menerobos pertahanan Eibar yang sedang melakukan transisi usai serangan mereka terputus. Tanpa banyak kontrol, Messi langsung melepaskan umpan mendatar silang ke sisi kanan. 

Bola sempat hendak dipotong oleh bek Eibar, Anaitz Arbilla. Namun, pemain bernomor punggung 18 ini luput melakukannya.

Bola kemudian melaju mulus menuju kaki Suarez yang langsung mendorongnya ke dalam kotak penalti Eibar. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan, Marco Dmitrovic, pemain Suarez dengan tenang melakukan kecohan.

Dmitrovic kemudian terjatuh dan hanya bisa melihat Suarez yang dengan leluasa memasukkan bola ke gawang kosong. Setelah gol tersebut, Barca semakin leluasa dalam menguasai pertandingan.

photo
Luis Suarez melakukan selebrasi dengan rekan setimnya, Paulinho (kiri), Jordi Alba (kedua dari kanan), dan Lionel Messi (kanan). (EPA-EFE/JUAN HERRERO)

Pada babak kedua, Eibar yang tak mau malu di kandang terus melakukan tekanan. Para pemain Eibar bergerak dengan percaya diri menyusul bekal kemenangan beruntun dalam dua laga terakhir sebelum jumpa Barca.

Namun, sedang asyik menyerang, Eibar harus kehilangan pemain mereka Fabian Orellana. Gelandang asal Cile ini diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua pada menit ke-66. Sadar lawan bermain dengan 10 orang, Barca tak lantas menurunkan intensitas serangan.

Blaugrana kemudian menarik dua gelandang yang tampak sudah mulai kelelahan, Paulinho dan Andres Iniesta. Keduanya ditarik untuk diganti oleh Philippe Coutinho dan Aleix Vidal.

Imbas dari masuknya tenaga-tenaga baru ini membuat permainan Barca semakin dominan. Hasilnya, dua menit sebelum waktu normal selesai bek kiri Barca, Alba sukses menggandakan keunggulan timnya.

Gol bermula dari aksi Messi yang mencoba menyambut bola hasil operan dari sayap kiri. Tinggal berhadapan dengan kiper lawan, Messi kemudian melepaskan tendangan dengan kaki kiri. Namun, Dmitrovic mampu menepis tendangan Messi dengan kakinya.

Bola muntah hasil tepisan kiper asal Serbia ini kemudian mengarah ke Alba yang sedang berdiri bebas di dalam kotak penalti Eibar. Dengan mudah, Alba menendang bola via kaki kanannya hingga masuk. Keunggulan Barca bertahan hingga peluit akhir pertandingan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA