Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Akhiri Kutukan Chelsea, Ini Catatan Gol Messi di Eropa

Rabu 21 Feb 2018 06:49 WIB

Red: Israr Itah

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Messi telah mencetak 101 gol dalam 10.362 menit di pentas Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi menghentikan rekor buruknya saat melawan Chelsea. Setelah delapan laga tak mampu menjebol gawang the Blues, megabintang Barcelona itu akhirnya mampu mencetak gol pada kesempatan kesembilan. Momen bersejarah ini terjadi pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge saat Barcelona menahan seri Chelsea 1-1.

Messi telah mencetak 101 gol dalam 10.362 menit di pentas Eropa. Artinya, satu gol datang dari penyerang timnas Argentina ini setiap 102 menit dan 35 detik.

Messi telah menghadapi 37 klub berbeda di Eropa dari 16 negara dan gagal mencetak gol melawan enam tim. Mereka yakni Atletico Madrid, Benfica, Inter Milan, Liverpool, Rubin Kazan, dan Udinese.

Chelsea menjadi lawan terberat Messi di Eropa. Gol pertama La Pulga melawan raksasa Inggris ini hadir setelah 730 menit pertandingan dan memasuki pertandingan kesembilan. 

(Baca juga: Terima Hasil Imbang, Valverde: Lawan Chelsea Menegangkan)

photo
Selebrasi Lionel Messi (kiri) setelah menjebol gawang Chelsea.

Hanya AC Milan tim lain yang paling sering dihadapi Messi, yakni delapan laga delapan pertandingan, 720 menit. Akan tetapi, Messi mampu menjebol gawang Milan sebanyak delapan kali.

Dari catatan itu, Petr Cech layak didapuk sebagai musuh bebuyutan Messi. Kiper Ceska itu bertahan selama 495 menit pertandingan sepak bola Liga Champions melawan Messi selama enam pertandingan dengan Chelsea. Ia menyelamatkan satu penalti La Pulga. Namun, kedigdayaan Cech berakhir setelah hijrah ke Arsenal. Messi menjebol gawang Cech pada babak 16 Liga Champions musim 2015/2016.

Penjaga yang paling lama berhasil menahan Messi di Eropa adalah penjaga gawang Inter Milan Júlio César dengan 270 menit. Kiper Rubin Kazan Sergei Ryzhikov juga tidak kebobola dalam 237 menit melawan Messi dalam empat pertandingan.

photo
Lionel Messi (kiri) dan Andres Iniesta.

Messi mencetak lebih banyak gol melawan Arsenal daripada tim lainnya, yakni sembilan dalam 447 menit dari enam pertandingan. Rata-rata satu gol diciptakan Messi setiap 49 menit dan 40 detik.

Lawan favorit Messi mungkin Bayer Leverkusen. Messi telah mencetak tujuh gol dalam 270 menit melawan mereka, atau rata-rata setiap 38 menit dan 34 detik. Lima dari gol tersebut datang dalam satu pertandingan, menang 7-0 pada 7 Maret 2012.

 

sumber : uefa.com
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA