Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Dejan Lovren Bantu Van Dijk Beradaptasi di Liverpool

Jumat 23 Feb 2018 10:47 WIB

Red: Ratna Puspita

Virgil van Dijk.

Virgil van Dijk.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Kedatangan van Dijk sempat membuat posisi Lovren di Liverpool terancam.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Bek Liverpool Dejan Lovren berharap bisa sukses menjalin kerja sama dengan Virgil van Dijk di lini belakang the Reds. Bek asal Kroasia itu pun mengaku tidak segan berbagi ilmu agar van Dijk lebih mudah beradaptasi dengan strategi pelatih Juergen Klopp dan berbagai hal lain di Liverpool. 

Kedatangan van Dijk, yang didatangkan dari Southampton dengan banderol 756 juta poundsterling pada bursa transfer lalu, membuat posisi Lovren di skuat utama Klopp terancam. Namun, pelatih asal Jerman tersebut melakukan rotasi sehingga belum ada kepastian siapa pemain yang akan berpasangan di lini tengah the Reds. 

Duet Lovren dan van Dijk berhasil memastikan lini belakang Liverpool tanpa masalah pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, pekan lalu. Liverpool menang 5-0 atas Porto di Stadion Dragao. 

Bahkan, Liverpool hanya kebobolan dua kali ketika keduanya dimainkan. Dua gol tersebut terjadi ketika Liverpool ditahan imbang Tottenham Hotspur pada Liga Primer, awal bulan ini. 

"Sejujurnya, saya tidak menyangka bahwa kami akan bisa dengan dengan cepat beradaptasi. Tapi saat Anda menjadi bek tengah teratas, saya pikir itu normal dan Virgil adalah salah satu dari mereka,” kata Lovren dilansir dari Sky Sports, Jumat (23/2). 

photo
Dejan Lovren. (Reuters/Carl Recine)

Bek 28 tahun itu mengatakan tentu saja van Dijk membutuhkan waktu untuk beradaptasi karena Southampton dan Liverpool berbeda. Dia menambahkan meski terkadang dia harus mengingatkannya, van Dijk memahami apa yang diinginkan oleh Klopp. 

“Saya membantunya sesuai yang saya ketahui. Terkadang, periode beradaptasi adalah masa sulit, tetapi dia mengelolanya dengan baik. Semua orang ada di belakangnya dan memberinya dukungan,” kata dia. 

Selain Lovren, Joel Matip telah bermain empat kali bersama Van Dijk dan keduanya telah kebobolan lima gol saat bermain bersama, sekaligus satu kali memastikan gawang Liverpool tidak kebobolan. Liverpool akan menghadapi West Ham di Stadion Anfield, Sabtu (24/2). Kemenangan akan membuat the Reds melompati rivalnya, Manchester United, di posisi kedua. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA