Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Manajemen Persib Tanggapi Santai Perubahan Jadwal Liga 1

Senin 05 Mar 2018 17:22 WIB

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Israr Itah

Tim Persib Bandung pada laga perdana Piala Presiden antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (16/1).

Tim Persib Bandung pada laga perdana Piala Presiden antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (16/1).

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Jadwal liga sepak bola tertinggi di Tanah Air tersebut sudah tiga kali berubah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --- Manajemen Persib Bandung menanggapi santai terkait dengan ketidakpastian jadwal Liga 1 2018. Sampai saat ini, Jadwal liga sepak bola tertinggi di Tanah Air tersebut sudah tiga kali berubah.

"Soal itu (mundurnya Liga), kami menyesuaikan saja jadwal yang sudah dibuat oleh PT Liga (Indonesia Baru). Tentunya liga punya pertimbangan sendiri dengan mundurnya jadwal," kata Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S. Taryono pada Senin (5/3).

Kuswara menegaskan bahwa mundurnya jadwal kick-off Liga 1 2018 tidak mengganggu persiapan dari Maung Bandung. Dengan kekosongan jadwal kompetisi seperti saat ini, menurutnya justru memberikan waktu kepada tim asuhan Mario Gomez untuk terus mempersiapkan diri.

"Yang jelas lepas dari kemunduran jadwal, Persib tetap persiapkan diri semaksimal mungkin," lanjutnya. 

Akan tetapi, sang juru taktik Pangeran Biru dibuat gerah atas ketidakpastian jadwal tersebut. Gomez mengatakan, selama karirnya sebagai pelatih, belum pernah menemukan jadwal liga yang sangat tidak pasti seperti di Indonesia.

"Tidak seperti di Argentina, ini tidak pernah terjadi. Mungkin jika terjadi pengunduran jadwal liga, hanya satu pekan," kata pelatih yang sebelumnya berkarier di Malaysia.

Ia amat menyayangkan ketidakpastian jadwal liga. Menurutnya, hal semacam ini sangat merugikan semua pihak. Baik klub, pelatih, pemain bahkan suporter.

"Sekarang kita tidak tahu jadwal pertandingan, kapan ini dimulai, kapan kita bermain, kapan kita libur dan dimana kita akan bermain selanjutnya. Ini sangat penting bukan hanya untuk Persib, tapi untuk semua tim," tegasnya.

Ketidakpastian jadwal liga juga berdampak pada agenda latihan serta uji coba. Sampai saat ini ada beberapa tim dari Liga 1 yang mengundang Persib untuk mengadakan laga uji coba. Namun dengan ketidakpastian jadwal, agenda tersebut menjadi sulit untuk diputuskan kepastiannya.

Sejak menukangi Persib, Mario Gomez sudah beberapa kali memboyong Supardi cs untuk melakukan pemusatan latihan maupun laga uji coba. Di antaranya yakni di Yogyakarta, Batam, Jepara, Tasikmalaya, dan Serang. Rangkaian agenda tersebut merupakan salah satu bentuk persiapan menyongsong kompetisi liga.

Sebelumnya, Liga 1 2018 sempat dijadwalkan bergulir pada akhir Februari sebelum berganti lagi menjadi awal Maret. Namun kabar terakhir PT LIB selaku operator liga kembali mengundur jadwal menjadi 25 Maret.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA