Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Kalahkan Hangtuah, SM Pertamina Selangkah Lagi ke Final IBL

Kamis 22 Mar 2018 21:57 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Hazliansyah

Pemain SM Pertamina Jamar Andre Johnson dijaga pemain BSB Hangtuah Kelly Purwanto dalam gim pertama semifinal divisi merah IBL Pertaliate 2017/2018

Pemain SM Pertamina Jamar Andre Johnson dijaga pemain BSB Hangtuah Kelly Purwanto dalam gim pertama semifinal divisi merah IBL Pertaliate 2017/2018

Foto: dok: IBL
SM Pertamina menang 97-88, membuktikan diri sebagai tim berpengalaman

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Satria Muda (SM) Pertamina menappakkan satu kakinya ke babak final Indonesian Basketball League (IBL) Pertalite 2017/2018. Hal ini setelah pada partai semifinal pertama IBL Pertalite 2017/2018 yang digelar, Kamis (22/3) di Hi-Test Arena Batam, Dior Lowhorn dkk menang melawan tuan rumah Hang tuah Sumsel dengan skor 97-88.

Hasil ini membuat SM Pertamina butuh satu kemenangan lagi untuk melangkah ke babak Final.

Pertandngan semifinal kedua akan berlanjut, Sabtu (24/3) di Britama ArenaKelapa Gading Jakart yang menjadi kandang bagi SM Pertamina.

Meski pada babak regular SM Pertamina sangat mendominasi terhadap Hangtuah Sumsel dengan menang 3-0, namun pada pertandingan kali ini Hangtuah mampu memberi perlawanan ketat. Bahkan Hangtuah nyaris memenangkan pertandingan, ketika pertandingan tersisa 34 detik, Kelly Purwanto dkk unggul 79-81.

Namun Jamarr Andre Johnson yang hingga kuarter empat baru mencetak dua angka, menjadi pahlawan bagi SM Pertamina. Hardianus yang dijaga ketat memberikan umpan kepada Jamarr yang tak terkawal dan mampu melaukan under basket dengan sempurna. Tambahan dua angka ini menyamakan kedudukan 81-81 saat waktu tersisa 21 detik.

Memiliki waktu menyerang 21 detik, Hangtuah berpeluang memetik kemenangan. Bola dipercayakan kepada Keenan Palmore. Saat menyisakan empat detik, Palmore menusuk ke dalam dan melakukan lay up, namun Dior Lowhorn mampu memblock bola sebelum masuk ke ring.

Hangtuah masih berpeluang mencetak angka, dan memenangkan pertandingan ini. Empat detik tersisa, Kelly melakukan lemparan kedalam kepada Nahshon Geiorge. SM Pertamina yang sudah tim foul, tidak boleh melakukan foul, hanya melakukan penjagaan terhadap Nahshon yang melepaskan tembakan tiga angka bertepatan dengan buzzer namun jauh dari sasaran.

Kegagalan Nahshon menambah angka di empat detik terakhir membuat kedudukan tetap sama 81-81 dan pertandingan dilanjutkan dengan tambahan waktu lima menit.

Pada babak over time inilah SM Pertamina menunjukan kelasnya sebagai tim berpengalaman.

Jamarr membuka angka melalui tembakan tiga angka yang membuat SM Pertamina unggul 84-81. Nahshon memperkecil melalui satu kali free throw 82-84. Di babak ini pula tembakan tiga angka pemain SM Pertamina lebih akurat.

Selain Jamarr, Arki dan Hardianus juga berhasil melesakan tembakan tiga.

SM pertamina unggul 92-82 ketika waktu dibawah dua menit. Unggul cukup jauh, tim asuhan Youbel Sondah kini memperlambat tempo permainan hanya menjaga margin keunggulan saja. Sehingga akhirnya memenangkan pertandingan ini dengan skor 97-88.

Dior Lowhorn benar-benar menjadi monster yang tangguh dibawah ring yang sulit dihentikan lawan. Pertandingan kali ini Lowhorn mencetak double-double 40 angka dan 20 rebound, disusul Jamarr dengan catatan 10 angka 15rebound.

Di kubu Hangtuah, Nahshon juga mencetak double-double 33 angka dan 14 rebound, demikian juga dengan Palmore dengan 27 angka 13 rebound.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA