Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Lawan Persipura, Sriwijaya FC tanpa Pelatih RD

Senin 09 Apr 2018 14:37 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan.

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan.

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Peran RD saat laga melawan Persipura digantikan Francis Wawengkang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Setelah menjalani laga pekan ketiga melawan tuan rumah Madura United FC dengan menderita kekalahaan 0-3, Sriwijaya FC akan menjalani laga kandang kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 dengan melawan Persipura Jayapura di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, pada 14 April 2018.
 
Pada laga pekan keempat tersebut, Sriwijaya yang tidak akan diperkuat pemain belakangnya Mahamadou N'Diaye karena mendapat hukuman kartu merah saat menghadapi Madura United, juga akan kehilangan pelatih utamanya Rahmad Darmawan. Pelatih yang akrab disapa RD tersebut tidak akan ada dipinggir lapangan mendampingi Hamka Hamzah dan kawan-kawan.
 
"Pelatih Rahmad Darmawan tidak bisa mendampingi tim selama sepekan sejak 14 20 April, RD akan kursus kepelatihan untuk lisensi Pro AFC di Yogyakarta. Jadi saat melawan Persipura peran RD akan diganti sementara oleh asisten pelatih Francis Wewengkang," kata Sekretaris Tim Sriwijaya FC Achmad Haris, Senin (9/4).
 
Menurut Achmad Haris, pelatih RD sudah sejak jauh-jauh hari memberitahukan kepada manajemen Sriwijaya tentang keikutsertaannya pada kursus kursus kepelatihan untuklisensi Pro AFC. Perannya saat laga melawan Persipura digantikan Francis Wawengkang bersama staf pelatih lainnya. "Francis Wewengkang sudah lama berduet dengan RD jadi dia tahu keinginan RD saat melatih," ujarnya.
 
Ikut sertanya Rahmad Darmawan pada kursus kepelatihan Pro AFC tersebut menurut Achmad Haris merupakan kebanggaan bagi Sriwijaya karena merupakan lisensi bagi pelatih di bawah Konfederasi Sepakbola Asia atau AFC. "Apalagi, di Indonesia belum ada satu pun pelatih yang mengantongi sertifikat AFC Pro," katanya.
 
Rahmad Darmawan akan mengikuti kursus kepelatihan Pro AFC bersama 23 pelatih lain dari Indonesia, Malaysia, dan Jepang yang akan berlangsung di Yogyakarta. Di antara pelatih-pelatih yang kini tengah menangani tim Liga 1 Indonesia, di antaranya Djadjang Nurdjaman (PSMS Medan), Aji Santoso (Persela Lamongan), Rudy Eka Priyambada (PS Tira), Joko Susilo (Arema FC), Widodo C Putro (Bali United), Iwan Setiawan (mantan pelatih Borneo FC), Yeyen Tumena (Bhayangkara FC), dan Tony Ho (Persipura).
 
Peserta lainya, Liestiadi (Celebest FC), Wolfgang Pikal, Nil Maizar, Indra Sjafri, Syafrianto Rusli (Semen Padang FC), Seto Nurdiantara (PSS Sleman), dan pelatih asing Adam bin Abdullah (FAM Malaysia), Ong Kwim Swee (FAM Malaysia), Elavaran (FAM Malaysia), dan Fujiwara (JFA Japan).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA