Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Mourinho Dukung Kepindahan Rooney ke DC United

Jumat 11 Mei 2018 14:31 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Hazliansyah

Wayne Rooney

Wayne Rooney

Foto: EPA-EFE/WILL OLIVER
Kepindahan Rooney akan memberikan dampak positif bagi perkembangan liga setempat

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Wayne Rooney bakal menjalani pertandingan terakhirnya di Liga Primer Inggris. Akhir pekan ini, Everton jumpa West Ham United, di London.

Rooney dikabarkan telah sepakat melanjutkan karier ke Liga Sepakbola Amerika Serikat (MLS) nantinya. Klub MLS, DC United menyerahkan dana sebesar 12 juta poundsterling guna memboyong penggawa the Toffees yang melegenda bersama Manchester United itu.

Pelatih United, Jose Mourinho mengomentari kabar ini. Baginya kepindahan pesepakbola 32 tahun ke negeri Paman Sam, berguna bagi kompetisi setempat.

"Saya berharap dia menikmati, dan tentu saja kedatangannya menarik perhatian penggemar sepak bola. MLS perlu mendatangkan lebih banyak lagi agar menarik minat orang-orang dari jenis olahraga yang lebih disukai orang Amerika," kata Mourinho, mengutip dari Sky Sport, Jumat (11/5).

Maksud Mourinho, bisnis dan perhatian penggemar akan sepakbola AS bakal terus berkembang jika orang seperti Rooney berdatangan. Di negara tersebut, basket dan American Football lebih populer ketimbang jenis olahraga lainnya. Strategi menuju target demikian sudah dilakukan.

"Ada Steven Gerrard, Frank Lampard, Patrick Vieira, dan masih banyak lagi. Sekarang ada Zlatan Ibrahimovic dan Wayne," tutur Mourinho merincikan bintang-bintang lapangan hijau yang merapat ke negeri Paman Sam.

Eks pelatih Rooney di MU dan Everton, David Moyes juga mengomentari kelanjutan karier anak asuhnya. Moyes menilai DC mendapat tambahan bagus dari penandatanganan ini.

"Dia bisa bermain dengan beberapa peran. Dia pencetak gol hebat, dan dia harus bisa banyak berkontribusi," tutur juru taktik berkebangsaan Skotlandia ini.

Frederikus Bata

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA