Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Gol Jaimerson Bawa Persija Unggul Sementara atas Persib 1-0

Sabtu 30 Jun 2018 19:50 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Pesepak bola Persija Jakarta Jaimerson Da Silva Xavier (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai memasukkan bola ke gawang Borneo FC dalam pertandingan Gojek Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (14/4).

Pesepak bola Persija Jakarta Jaimerson Da Silva Xavier (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai memasukkan bola ke gawang Borneo FC dalam pertandingan Gojek Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (14/4).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Gol dari sepakan saltonya pada menit ke-15, berhasil membungkam Persib

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duel sengit antara Persija Jakarta Vs Persib Bandung sementara berakhir dengan keunggulan tuan rumah. Laga babak pertama kedua kesebelasan di Lapangan PTIK Jakarta, Sabtu (30/6) berakhir dengan skor tipis 1-0.

Pemain belakang Jamerson Da Silva menjadi satu-satunya pemain yang mencatatkan namanya di papan angka di babak pertama. Gol dari sepakan saltonya pada menit ke-15, berhasil membungkam Persib.

Di laga kali ini, Persija bermain dalam formasi 4-4-3. Striker Marko Simic kembali turun lapangan setelah pada dua laga Persija sebelumnya absen lantaran hukuman empat kali larangan tampil. Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan membantu Simic di lini sayap.

Sementara di barisan pemain Persib, membentuk formasi 4-4-2. Pelatih Mario Gomez mengandalkan duet striker Ezechiel Ndouasel dan Jonatan Bauman di lini depan. Ada Febri Haryadi dan Ghozali sebagai pemain sayap, bersama Oh Ink-yun dan Dedi Kusnandar di lini tengah.

Membuka laga, Persib sebetulnya tampil menekan. Namun Persija mampu mengimbangi dan memberikan ancaman. Para penggawa Maung Bandung punya peluang membuka keunggulan cepat pada menit kedua. Yaitu ketika pemain belakang Macan Kemayoran, Rezaldi Hehanusa menjatuhkan paksa Ezechiel di kotak 16.

Wasit memberikan sepakan bebas kepada Persib. Tetapi sayang Ink-yun sebagai eksekutor gagal membungkam kiper Andritany Ardhiyasa. Lepas itu, jual beli serangan terjadi antara kedua kesebelasan. Namun kedua kesebelasan sama-sama buntu selama 10 menit pertandingan.

Peluang balasan juga terjadi pada menit ke-14. Sepakan voli dari kaki kiri Simic keras mengarah ke gawang. Tapi kiper Natshir Fadhil berhasil mengamankan bola ke luar lapangan, dan memberikan hadiah sepak pojok kepada Persija.

Lewat sepak pojok inilah tim Macan Kemayoran berhasil mengubah pertandingan. Sepakan dari Ismed Sofyan mengarahkan bola kepada Simic. Striker asal Kroasia itu menyambut dengan kepala dan mengarahkan bola ke gawang. Kiper Natshir mampu membaca laju bola. Namun Natshir tak berhasil menangkap si kulit bundar.

Bola malah mengarah ke arah Jamerson da Silva yang membantu serangan. Bola setinggi kepala, dia sambut dengan tendangan salto. Tendangan tersebut akhirnya membungkam Persib. Skor menjadi 1-0. Gol atraksi dari Jamerson tersebut, mencatatkan empat gol miliknya selama Liga 1 berjalan.

Tertinggal satu gol, membuat Persib meninggikan intensitas serangan. Di menit ke-21, tim Maung Bandung punya kesempatan membalas. Lagi-lagi lewat sepakan bebas dari Ink-yun. Tetapi tendangan keras dari kaki kirinya berhasil dipatahkan kiper Andritany. Skor 1-0 bertahan sampai setengah jam pertandingan.

Lima belas menit sebelum turun minum, Persib semakin kerja keras membayar selisih gol. Tetapi permaianan Persija juga tak kalah ingin menggandakan kedudukan. Di menit ke-33, bek Macan Kemayoran mencoba peruntungan dengan tandukannya dari umpan pojok Riko Simanjuntak. Sayang upaya tersebut gagal berbuah gol.

Sampai menit ke-40, Persib masih tertinggal. Usaha Persija untuk bisa menggandakan kedudukan pun tak juga makbul. Sampai menit ke-45, wasit memberikan tambahan waktu. Namun sampai pluit tanda rehat, Persija tetap unggul 1-0.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA