Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Wapres JK Saksikan Dimulainya Kirab Obor Asian Games

Kamis 19 Jul 2018 06:34 WIB

Red: Friska Yolanda

Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima api abadi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima api abadi.

Foto: Kemenko PMK
Dua api abadi dari India dan Jawa Tengah disatukan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Setelah mengambil api dari Mrapen, Jawa Tengah, untuk Asian Games 2018, Menko PMK Puan Maharani, mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Konser Torch Relay Asian Games 2018 di Pelataran Candi Prambanan, DI Yogyakarta. Dalam Konser Torch Relay (Kirab Obor) Asian Games 2018 ini pula, api Asian Games 2018 yang berasal dari New Delhi India disatukan dengan api yang berasal dari Mrapen, Jawa Tengah. 

Konser Torch Relay Asian Games 2018 diselenggarakan sebagai tanda dimulainya Kirab Obor Asian Games 2018. Konser ini diisi oleh penyanyi Tanah Air dan Korea. Selain menyanyikan lagu unggulannya, para penyanyi juga menyanyikan lagu-lagu yang ada dalam album kompilasi Asian Games 2018.

Konser juga dimeriahkan dengan lagu, tarian budaya Indonesia dan beberapa negara-negara Asia peserta Asian Games 2018.

Pada kesempatan itu, Wapres Jusuf Kalla menyatakan kebanggaannya akan penyelenggaraan konser Torch Relay Asian Games 2018 ini. Menurutnya, api Asian Games 2018 ini melambangkan semangat. Semangat itu diharapkan membawa kesuksesan bagi penyelenggaraan dan prestasi Indonesia. Masyarakat juga diharapkan bersemangat dan mengabdikan diri untuk menyukseskan Asian Games 2018.

Wapres Jusuf Kalla yang didampingi Menko Puan kemudian menyaksikan proses penyatuan nyala api obor Asian Games 2018 yang dibawa dari India oleh mantan atlet bulutangkis Susi Susanti serta api obor Asian Games 2018 yang dibawa dari Mrapen, Jawa Tengah oleh mantan atlet Tenis, Yustejo Tarik.

Selanjutnya, api obor Asian Games 2018 yang telah disatukan itu akan diarak oleh perwakilan dari daerah, sponsor dan panitia ke 18 provinsi yang mencakup 53 kota di Indonesia. Jika tak ada aral melintang, obor Asian Games 2018 akan tiba di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta untuk upacara pembukaan Asian Games ke-18 pada, Sabtu (18/8) mendatang.

photo
Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Me ko PMK Puan Maharani saat ditanya media usai konser Torch Relay Asian Games.

Sebelumnya, Menko Puan mengatakan agar seluruh masyarakat di kota-kota yang dilewati ikut menyemarakkan Asian Games. Dia mengibgatkan agar Torch Relay dimanfaatkan sebagai promosi budaya dan pariwisata Indonesia. "Manfaatkan event ini untuk promosikan destinasi wisata, seni budaya, dan potensi daerah tidak hanya pada masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat dunia", ujarnya.

Hadir dalam konser Torch Relay Asian Games 2018, Menpora Imam Nachrowi, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua KONI Tono Suratman dan Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Ketua Inasgoc Erick Thohir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA