Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Juergen Klopp Sempat Pertimbangkan Melatih Timnas Jerman

Ahad 12 Aug 2018 21:54 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto

Juergen Klopp

Juergen Klopp

Foto: AP Photo/Rui Vieira
Nama Klopp disebut-sebut sebagai pengganti Joachim Loew di timnas Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp mempertimbangkan melatih tim nasional (timnas) Jerman suatu saat nanti. Tapi saat ini ia memastikan untuk fokus membawa Liverpool meraih gelar juara.

"Jika suatu hari saya diminta dan saya bisa, maka saya akan memikirkannya," kata Klopp kepada media massa Jerman Welt am Sonntag, Ahad (12/8).

Nama Klopp disebut-sebut sebagai pengganti Joachim Loew di timnas Jerman. Terutama setelah Jerman gagal lolos fase penyisihan grup di Piala Dunia 2018. Jerman pun kalah 0-2 dari Korea Selatan pada laga terakhir di Rusia.

Tapi Loew telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan Jerman. Begitu pula dengan Klopp yang kontraknya di Liverpool baru akan habis pada tahun 2022.

"Tapi saya memikirkan yang sekarang ini, situasi saya saat ini ketika saya terikat dengan Liverpool selama empat tahun ke depan dan karena Jerman bermain buruk di Piala Dunia? Tidak, saya tidak bisa," kata Klopp.

Klopp saat ini fokus untuk meraih kesuksesan bersama the Reds di Inggris. Ia baru saja menghabiskan 177 juta poundsterling pada bursa transfer musim panas tahun ini. Padahal sebelumnya Klopp dikenal sebagai pelatih yang tidak suka menghabiskan uang untuk belanja pemain. "Saya masih tidak suka, tapi saya tidak bisa katakan 'sekarang kami akan ke sana' karena pekerjaan saya membuat Liverpool sekuat mungkin," jelas dia.

Klopp mengakui Liverpool menghabiskan banyak uang pada musim ini tapi tidak sebanyak rival-rival the Reds di Liga Primer. Klopp mengakui kualitas Liverpool pada musim 2018/2019 ini lebih baik. "Kualitas pemain sekarang sudah ada bagus, tapi kualitas tim tergantung pada apakah para pemain bisa mencapai potensi terbaik mereka," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA