Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

PSSI Masih Tunggu Jawaban Milla

Kamis 06 Sep 2018 05:36 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Sepakbola Indonesia, Luis Milla.

Pelatih Sepakbola Indonesia, Luis Milla.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Asisten Milla, Bima Sakti Tukiman, akan dijadikan pelatih sementara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas sepak bola Indonesia Luis Milla Aspas belum juga memberikan jawaban terkait perpanjangan kontrak kepelatihannya. Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono mengatakan, federasi nasional sampai Rabu (5/9) terus berkomunikasi dengan pelatih asal Spanyol tersebut agar bersedia kembali membesut skuat Garuda.

Joko mengatakan, komunikasi masih terus dilakukan sampai adanya kesepakatan baru tentang masa depan Milla bersama skuat timnas Indonesia. “Kami (PSSI) bersama Milla masih terus melakukan pembicaraan. Dalam waktu dekat ini, kami harapkan sudah ada kejelasan,” ujar dia lewat pesan singkatnya, Rabu (5/9).

Joko menyampaikan, PSSI dalam komunikasi tersebut masih terus berupaya agar Milla tetap bersedia melatih timnas Indonesia. Bukan cuma PSSI yang menunggu jawaban dari Milla. Masyarakat dan suporter juga mengharapkan pelatih 52 tahun itu agar tetap bertahan bersama timnas Indonesia.

Penilaian positif atas kemajuan skuat Garuda di tangan mantan pelatih Real Zaragoza tersebut mencuatkan dukungan agar PSSI mempertahankan Milla. Desakan suporter itu sebetulnya sudah terjawab dengan keputusan Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang memperpanjang kontrak Milla selama setahun, Selasa (28/8).

Keputusan Exco PSSI itu, sebagai respons dari kegagalan Milla membawa skuat Indonesia U-23 ke babak semifinal Asian Games 2018. Meski Exco PSSI memberikan tawaran perpanjangan kontrak kepelatihan, tetapi Milla belum mengiyakan. Padahal, pada Selasa (11/9), skuat Indonesia sudah harus kembali melakoni laga uji coba menjamu timnas Mauritania di Stadion Pakansari, Bogor. Uji tanding digelar sebagai fase awal persiapan skuat Garuda menghadapi gelaran Piala AFF 2018.

Tetapi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria menyampaikan, Rabu (5/9), jika proses komunikasi dengan Milla tak pungkas pada pekan ini, ada kemungkinan peran pelatih timnas sementara berstatus interim. PSSI, kata Ratu, akan mengandalkan asisten Milla, Bima Sakti Tukiman, sebagai pelatih sementara skuat Garuda dalam uji coba. Bima akan ditemani Direktur Teknik PSSI Danurwindo dalam kepelatihan sementara.

Ratu juga mengatakan, jika proses komunikasi dengan Milla mandek, keputusan Exco PSSI tentang perpanjangan kontrak bisa saja dianulir. Itu sebabnya, dalam keputusan Exco PSSI yang meminta Milla bertahan, juga memberikan jalan keluar berupa calon pelatih alternatif sebagai pengganti. Namun Ratu menolak membeberkan sejumlah nama pelatih opsional tersebut. “Kita tunggu saja proses komunikasi dengan Luis Milla saat ini,” jelas dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA