Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Spanyol Permalukan Kroasia 6-0

Rabu 12 Sep 2018 04:45 WIB

Red: Israr Itah

Gelandang Kroasia Ivan Rakitic hanya bisa termangu setelah Rodrigo mencetak gol keempat Spanyol ke gawang timnya dalam pertandingan Liga Bangsa-Bangsa Eropa (UEFA Nations League), Rabu (12/9) dini hari WIB.

Gelandang Kroasia Ivan Rakitic hanya bisa termangu setelah Rodrigo mencetak gol keempat Spanyol ke gawang timnya dalam pertandingan Liga Bangsa-Bangsa Eropa (UEFA Nations League), Rabu (12/9) dini hari WIB.

Foto: AP Photo/Alberto Saiz
Spanyol memuncaki Grup 4 Liga A sekaligus menjaga rekor sempurna Enrique.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Spanyol melanjutkan kegemilangannya pada pertandingan Liga Bangsa-Bangsa Eropa (UEFA Nations League). Setelah menekuk Inggris 2-1 di Stadion Wembley pekan lalu, Spanyol mempermalukan Kroasia 6-0 pada Rabu (12/9) dini hari WIB.

Kemenangan telak atas runner-up Piala Dunia 2018 ini mengantarkan Spanyol memuncaki Grup 4 Liga A sekaligus menjaga rekor sempurna Enrique sempurna sejak menjadi pelatih La Roja.

Bagi Kroasia, ini kekalahan terbesar dalam pertandingan kompetitif pertamanya sejak mencapai final Piala Dunia 2018 di Rusia. Kekalahan terbesar Kroasia sebelumnya adalah 1-5 melawan Inggris di Wembley pada 2009.

Jalannya laga

Kroasia yang dipimpin sang bintang Luka Modric mengancam tuan rumah pada awal laga di Stadion Martinez Valero. Tetapi, La Roja kemudian mengambil kendali pertandingan dengan mencetak tiga gol dalam 11 menit pada babak pertama.

Saul Niguez membuka skor pada menit ke-24 setelah menyundul umpan silang Dani Carvajal. Kemudian Marco Asensio mengonversi dua tembakan jarak jauh yang luar biasa pada menit ke-33 dan ke-35 untuk memberikan Spanyol keunggulan 3-0 sebelum turun minum. Sepakan keduanya mengenai tiang dan memantul ke bagian belakang kiper Lovre Kalinic, yang dicatat sebagai gol bunuh diri.

Asensio yang tidak masuk starter melawan Inggris, juga mengkreasi gol Rodrigo pada menit ke-49 dengan bola sempurna di belakang pertahanan.

Sergio Ramos, salah satu anggota tersisa dari generasi emas Spanyol, menambahkan gol kelima dengan sundulan dari tendangan sudut pada menit ke-57. Isco menutup skor pada menit ke-70, kembali lewat kreasi Asensio.

Kroasia, yang kalah dalam final Piala Dunia ke Prancis, berantakan setelah bek Sime Vrsaljko harus diganti karena cedera hanya beberapa menit sebelum gol pertama Spanyol. 

Kroasia membuat debut di Liga Bangsa-Bangsa setelah bermain sebagai juara Eropa Portugal dengan hasil imbang 1-1 dalam pertandingan persahabatan pekan lalu.

Enrique mengambil alih Spanyol setelah eliminasi tim melawan Rusia di babak 16 Piala Dunia. Spanyol dilatih oleh Fernando Hierro di Rusia setelah Julen Lopetegui dipecat dua hari sebelum turnamen.

Asensio adalah salah satu dari beberapa perubahan yang dibuat Enrique kepada tim yang mengalahkan Inggris pekan lali. Mantan pelatih Barcelona itu juga menambahkan bek Jose Luis Gaya dan gelandang Dani Ceballos ke starting line-up. Mereka menggantikan Marcos Alonso, Thiago Alcantara dan Iago Aspas.

Seperti halnya melawan Inggris, Spanyol agresif tanpa bola, menekan tinggi dan memainkan permainan yang lebih langsung lewat umpan pendek. Ini sesuatu yang telah menjadi karakteristik tim yang dilatih Enrique.

Pada pertandingan Liga A lainnya, Belgia menang 3-0 atas Islandia dalam debut Liga Bangsa-Bangsa.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA